Mohon tunggu...
Ghefira PutriPrisilia
Ghefira PutriPrisilia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Nama : Ghefira Putri Prisilia Asal : Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung NIM : 1860308222102 Jurusan : S1 Psikologi Islam Angkatan: : 2022 Instagram : viola.neophyte

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Hobi Dengerin Musik? Ini Loh Manfaat Mendengarkan Musik di Pagi Hari

28 November 2022   11:10 Diperbarui: 28 November 2022   11:38 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Musik merupakan alunan irama, lagu, nada yang disusun sedemikian rupa. Sehingga menghasilkan suatu getaran yang dapat merangsang mood, dan dapat mengikat emosi manusia. Sehingga, musik dijadikan sebagai sarana untuk mengekspresikan emosi seseorang. Baik itu sedih maupun bahagia. Karena pada dasarnya, getaran emosi dan perasaan yang muncul tersalur dari stimulus dalam otak.

Terkadang, musik juga dapat membawa kenangan masa lalu atau bernostalgia. Hal tersebut telah dibuktikan dalam riset dari Universitas California pada tahun 2009, yang menyatakan bahwa musik dapat membawa kembali memori masalalu. Seperti lagi enak enak dengerin musik, lalu tanpa sengaja terputar lagunya westlife-Beautiful in white. Jadi keingat dulu gebetan pernah nembak pakai lagu ini, dan sekarang sudah putus. Secara tak langsung otak akan membawa kembali kenangan, dan hal yang pernah dilakukan di masalalu bersama gebetan. Kemudian munculah rasa sedih, karena teringat fakta bahwa saat ini sudah putus, akhirnya terjadilah gagal move on

Jadi, buat kamu yang hobi dengerin musik saat nyapu, ngantri makanan, nunggu bis, atau lagi senggang senggangnya, pernah coba dengerin lagu favorit setelah bangun tidur? Kalau pernah saat mendengarkan musik kamu pasti merasa tangan, kepala, maupun  tubuh lainnya bergerak mengikuti alunan irama lagu, secara tak langsung mood naik tiba tiba. Tak hanya itu, mendengarkan musik di pagi hari juga memberikan banyak manfaat lain. Inilah 7 manfaat mendengarkan musik di pagi hari!

1 . Mendengarkan musik di pagi hari dapat membuat diri menjadi lebih bahagia.

Mengapa demikian? Karena musik dapat memicu otak untuk melepaskan hormon bahagia, atau sering disebut dopamin Neurotransmitter. Namun kembali lagi, hal tersebut tergantung jenis musik yang didengarkan. Apakah mengandung unsur nada, maupun lirik yang bahagia, energic, aktif? Jika iya maka kita cenderung juga ikut bahagia. Jika yang didengarkan musik galau, sedih, ya perasaan kita otomatis akan ikut galau. Jadi genre musik yang berbeda dapat memberikan mood yang berbeda pula.

2. Menurunkan tingkat stres

Kemudian, mendengarkan musik di pagi hari juga dapat mengurangi tingkat stres, karena dapat memperbaiki suasana hati yang buruk. Sebuah riset mengatakan bahwa, orang yang sering mendengarkan musik di pagi hari memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibanding orang yang jarang, maupun tidak pernah mendengarkan musik di pagi hari. karena musik sendiri dapat menurunkan kecemasan, dan menjadikan pikiran lebih rileks. Menurut penelitian lain, dalam riset yang dipublikasikan oleh World Journal of Psychiatry, mengemukakan bahwa  terapi musik dapat mengurangi depresi, kecemasan, serta dapat memperbaiki kualitas hidup.

3. Melancarkan proses pencernaan

Meski banyak yang belum mengetahui akan hal ini, mendengarkan musik dengan sistem pencernaan memiliki korelasi tersendiri. Dimana mendengarkan musik di pagi hari dapat merileksasikan pencernaan, sehingga produksi asam pada pencernaan seimbang. Seperti contoh, pernahkah kamu saat cemas berlebihan, atau suasana hati sedang buruk, sehingga sering ingin mual, dan pusing? Nah, hal tersebut disebabkan oleh produksi asam dalam pencernaan meningkat secara berlebihan. Riset mengatakan, jika kita mendengarkan musik, dan mood menjadi lebih bahagia, produksi asam dalam pencernaan pun ikut stabil. Sehingga saluran pencernaan menjadi lancar.

4. Merevitalisasi kinerja otak

Jadi, dengan mendengarkan musik di pagi hari juga dapat memperbaiki fungsi otak, sehingga otak dapat lebih berkonsentrasi. Tak hanya itu, mendengarkan musik juga dapat merangsang fungsi otak, sehingga otak dapat lebih cepat dalam bekerja, karena irama dari musik yang energic dapat memantik semangat dalam diri, dan mendorong kreativitas seseorang. Riset dari jurnal Applied Cognitive Psychology mengatakan bahwa, dengan mendengarkan musik, dapat memancing otak dalam menyelesaikan masalah secara kreatif.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Sebuah riset mengatakan bahwa, orang yang mendengarkan musik  di pagi hari memiliki peredaran darah yang lebih lancar. Sehingga jantung dapat bekerja secara optimal tanpa tekanan. Hal tersebut dapat menurunkan resiko penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke, hipertensi. Karena penyakit penyakit tersebut dapat timbul akibat stres berat, yang mengakibatkan naiknya laju detak jantung, kemudian disusul naiknya tekanan darah. Akibatnya dada menjadi sesak, dan sering pula disertai nyeri hebat.

6. Meningkatkan stamina fisik dan mental

Dengan mendengarkan musik di pagi hari dapat memantik stamina, sehingga tubuh akan mampu beraktivitas meskipun sebenarnya mental dalam keadaan yang tidak stabil. Seperti contoh saat baru bangun kita merasa badmood karena suatu kejadian yang terjadi kemarin. Kemudian dengarkan lagu favorit kalian dengan irama yang ceria, tanpa sadar mood akan langsung membaik, dan lebih bersemangat. Meskipun masih terfikirkan hal buruk kemarin, otak kita akan lebih memalingkan ke hal yang dapat membuat kita bahagia. Akhirnya lebih memilih untuk melupakan hal yang telah terjadi.

7. Memperbaiki mood di pagi hari

Untuk kalian yang suka badmood seharian, maupun uring uringan tanpa sebab di pagi hari. Coba deh besoknya bangun lebih pagi, kemudian putar musik favorit kalian, dijamin mood bakal menjadi lebih baik. Dalam riset yang dipublikasikan oleh Journal of Psychiatry, mengemukakan bahwa terapi musik up beat dapat memperbaiki mood, dan dapat mengikat perasaan bahagia pada seseorang hingga 2 minggu lamanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun