Mohon tunggu...
Ghassani Zatil Iman
Ghassani Zatil Iman Mohon Tunggu... Mahasiswa

Just a girl who loves to write about everything

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Melihat Gaya Hidup Remaja Eropa melalui SKAM

2 Juni 2021   19:10 Diperbarui: 2 Juni 2021   19:16 456 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Gaya Hidup Remaja Eropa melalui SKAM
SKAM (2015), series Norwegia yang terkenal akan ceritanya yang relatable-https://www.filmaffinity.com/us/film926454.html

Apa itu SKAM? Mungkin bagi sebagian besar orang Indonesia dan Asia lainnya, masih belum terlalu familiar dengan apa itu SKAM. Tapi di Eropa sana, SKAM adalah sebuah series yang sangat digandrungi dan terkenal akan betapa relatable-nya storyline yang disuguhkan. SKAM adalah sebuah series asal Norwegia yang ditayangkan oleh channel NRK dari tahun 2015 - 2017 yang ceritanya digarap oleh Julie Andem. 

Salah satu hal yang menjadikan SKAM sangat terkenal adalah karena series asal Norwegia ini memiliki format acara yang sangat unik dan terlihat sangat nyata. SKAM tidak memiliki jadwal tayang yang pasti, dan dalam 1 episode pun akan dibagi menjadi beberapa clip dan waktu tayang clip tersebut akan sama persis dengan waktu yang tertera di awal pembukaan setiap clip

Meskipun terbilang sukses dan format acara seperti ini sangatlah unik, namun tidak semua orang senang akan hal ini. Ketidakpastian waktu tayang membuat para fans yang mayoritas adalah para remaja menjadi lebih sering mengecek handphone mereka. Hal ini membuat SKAM sedikit di komplain oleh para orang tua murid dan para guru di sekolah. Namun, tidak sedikit pula para orang dewasa yang justru ikut menyukai SKAM karena merasa kembali ke waktu mereka remaja dulu.

Latar waktu di SKAM (2015) yang sama persis dengan waktu penayangan - https://theculturetrip.com/europe/norway/articles/what-norways-hit-tv-show-skam-taught-us-about-adolescence/
Latar waktu di SKAM (2015) yang sama persis dengan waktu penayangan - https://theculturetrip.com/europe/norway/articles/what-norways-hit-tv-show-skam-taught-us-about-adolescence/
Sejak tadi saya terus menyebut mengenai relatable, tapi sebetulnya apa yang sangat relatable mengenai SKAM? pertama, dimulai dari format penayangan yang sesuai dengan waktu di dalam clip, hal ini membuat apa yang ditampilkan dalam clip terkadang juga kita rasakan di dunia nyata. 

Contohnya, clip saat para karakter merayakan natal, hal itu juga kita rasakan di dunia nyata. Meskipun dikarenakan adanya pandemi di tahun 2020, sehingga SKAM Espana season 4 dan SKAM France season 6 haruslah membuat timelime mereka menjadi bergeser. Dan juga diakibatkan tayang di Netflix, SKAM Italia season 4 juga tidak bisa bertahan ke format acara seperti SKAM biasa, namun format penayangan ini ampuh untuk membuat penonton lebih merasa terikat dengan para karakternya. 

Instagram dari karakter utama di season 1, Eva Mohn-https://www.instagram.com/evamohn2/
Instagram dari karakter utama di season 1, Eva Mohn-https://www.instagram.com/evamohn2/
Kedua, sosial media. Tak bisa dipungkiri, kini setiap orang diseluruh dunia mempunyai sosial media. Diberitakan ada sekitar 3,8 miliar pengguna sosial media di dunia ini. Hal ini pun juga berlaku untuk setiap karakter di SKAM. Entah itu Instagram, Facebook, Tumblr dan bahkan Youtube dan juga Tiktok. Melalui sosial media ini, kita akan bisa mengetahui lebih dalam setiap personality dari para karakter SKAM, selain itu, melalui sosial media ini juga mereka dapat meng-upload story dan bahkan melakukan live

Seperti saat SKAM Espana membuat sebuah event pesta reka ulang adegan yang ada di clip yang akan ditayangkan secara langsung, dimana para penggemar dapat ikut berpartisipasi dalam pesta tersebut. Salah satu aktris melakukan live secara langsung melalui Instagram karakternya, dimana waktu saat ia mengangkat ponselnya sama persis dengan saat karakternya mengangkat hp di dalam clip. Lucunya pula mengenai sosial media ini, ada beberapa orang yang menyangka bahwa Instagram para karakter ini adalah selebgram biasa lho. Bahkan salah satu karakter dari wtFOCK, Jens, pernah viral di tiktok dan orang-orang betul-betul cemburu dengan Jana, mantan pacar Jens.

Chat dari para karakter yang rutin diposting di website resmi-https://www.listhearts.com/all_tags/skam-chat
Chat dari para karakter yang rutin diposting di website resmi-https://www.listhearts.com/all_tags/skam-chat
Hal ketiga yang membuat SKAM semakin relatable adalah dimana melalui website resminya, mereka rutin meng-upload screenshot percakapan yang dilakukan oleh para karakternya. 

Sehingga kita pun dapat mengikuti perkembangan cerita off-screen. Selain itu, kalau kalian perhatikan, para pemain di SKAM maupun di berbagai remakes-nya, jarang sekali menggunakan aktor yang sangat hit di negara masing-masing. Biasanya mereka lebih memilih untuk menggunakan aktor-aktris yang masih baru, atau bahkan model yang baru saja terjun ke dunia akting. Bahkan SKAM Austin dan Druck new gen menggelar open audition, dimana siapa saja boleh mengikuti audisi. 

Hal ini selain tentu saja ehem! untuk menghemat biaya, namun juga bertujuan agar para penonton dapat lebih bersimpati dengan para karakter. Coba saja kalian menonton series yang pemeran utamanya Iqbaal CJR, pasti kalian akan merasa "ah! toh cuman film", sementara kalau kalian menonton series dengan para pemain yang betul-betul mewakilkan diri kalian pasti kita akan bisa lebih bersimpati. 

Selain itu, untuk membuat para karakter lebih dapat menjiwai peran mereka, beberapa pakaian yang mereka pakai adalah pakaian pribadi milik sang aktor-aktris. Walaupun terkesan pelit, namun hal ini ampuh untuk membuat para aktor dan aktris lebih nyaman dan membuat para penonton lebih tidak merasa awkward dengan penampilan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x