Mohon tunggu...
Ghanes Permana
Ghanes Permana Mohon Tunggu... Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran

KKN Tim 1 Undip 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Manfaatkan Bahan Pangan Lokal! Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Upaya Tingkatkan Imunitas Tubuh

12 Februari 2021   06:01 Diperbarui: 12 Februari 2021   08:44 56 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaatkan Bahan Pangan Lokal! Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Upaya Tingkatkan Imunitas Tubuh
Sosialisasi Potensi Bahan Pangan Lokal untuk Tingkatkan Imunitas (Dokpri)

Banyumanik, Semarang (31/01/2021) -- Universitas Diponegoro telah menerjunkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Periode 2021 pada tanggal 04 Januari untuk melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Tema yang diusung kali ini yaitu "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)", tema tersebut menjadi salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan penanganan COVID-19.

Penyebaran COVID-19 di Semarang terus meningkat hingga saat ini. Hampir setiap hari jumlah pasien positif COVID-19 di Semarang terus bertambah. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan upaya pencegahan dari Pemerintah yaitu 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Selain mematuhi upaya pemerintah, penting juga bagi kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh mencegah tertulanya virus COVID-19. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yaitu mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk membangun daya tahan tubuh yang kuat agar terlindungi dari infeksi virus serta memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

Sayangnya masyarakat masih beranggapan bahwa makanan bergizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah makanan mahal. Kenyataannya, berbagai macam bahan pangan lokal yang bisa diolah untuk memenuhi kecukupan gizi dan harga terjangkau tersedia di lingkungan masyarakat. 

Hal tersebut yang melatarbelakangi Ghanes Permana Putri, salah satu Mahasiswa KKN Undip dengan bimbingan  Dr. Cahya Tri Purnami S.KM., M.Kes, memberi informasi pada warga di RW IX, Kelurahan Srondol Wetan bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh dengan memanfaatkan bahan pangan lokal. Informasi diberikan melalui kegiatan sosialisasi  "Edukasi Upaya Meningkatkan Imunitas Tubuh Dengan Memanfaatkan Bahan Pangan Lokal" pada hari Minggu tanggal 31 Januari 2021 kepada ibu-ibu perwakilan RW IX, Kelurahan Srondol Wetan di Posyandu

Media yang digunakan saat sosialisasi dalam bentuk booklet. Dalam booklet tersebut dijelaskan tentang macam-macam bahan pangan lokal, kandungan, manfaat, cara pengolahan dan nilai gizi. Sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dokpri
Dokpri

"Wah ternyata bahan pangan lokal disekitar kita banyak sekali manfaatnya, saya baru tau. Terimakasih untuk booklet nya ini sangat bermanfaat karna banyak cara pengolahan bahan pangan lokal yang saya baru tau" ujar salah satu warga saat sosialisasi berlangsung.

Warga cukup antusias dengan informasi yang diberikan dan tidak sedikit ibu-ibu yang bertanya mengenai pemanfaatan bahan pangan lokal untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pemberian informasi tersebut diharapkan dapat menjadi panduan warga dalam mengonsumsi makanan selama pandemi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Penulis  : Ghanes Permana Putri (Prodi S-1 Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran)

Editor    : Dr. Cahya Tri Purnami S.KM., M.Kes,

VIDEO PILIHAN