Ghafur El Halim
Ghafur El Halim lainnya

Saya adalah orang biasa, yang biasa-biasa saja dan tak berfikiran untuk menjadi luar biasa. Karena menjadi biasa saja jauh lebih baik bagi saya yang biasa-biasa saja.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

H. Anwar Hafid dan Program Kuliah Gratis di Morowali

21 Mei 2014   16:00 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:17 376 0 0

MOROWALI adalah sebuah kabupaten pemekaran dari Poso yang terletak di wilayah propinsi Sulawesi Tengah. Morowali beribukota di Bungku, Kecamatan Bungku Tengah, berdasarkan UU No. 51 Tahun 1999.

Kabupaten muda ini memiliki berbagai potensi yang cukup besar, baik disektor perkebunan, pertanian, kelautan, perikanan maupun pariwisata.

Sektor yang paling potensial di Morowali adalah pertambangan, tak heran jika banyak orang menyebut kabupaten ini sebagai tanah 1.001 tambang. Jenis tambang di Morowali diantaranya nikel, marmer, minyak bumi dan kromit.

Saat ini, daerah kaya yang juga terdapat banyak perkebunan sawit ini dipimpin oleh seorang Bupati bernama Drs. H. Anwar Hafid, M.Si yang beberapa waktu lalu sempat ramai digosipkan menikah siri' dengan artis Angel Lelga.

Bupati yang juga adalah ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah ini dikenal sebagai figur yang merakyat. Tak heran jika terpilih untuk kedua kalinya menjadi Bupati setelah periode pertamanya pada tahun 2007-2012 lalu.

H. Anwar Hafid lahir di Wosu kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali pada 14 Agustus 1968 dari pasangan H. Abdul Hafid dan Hj. Misrah.

Sebelum menjadi Bupati Morowali pada tahun 2007, H. Anwar Hafid mengabdikan dirinya kepada negara didaerah Sulawesi Selatan dan jabatan terakhirnya sebelum menjadi Bupati adalah sebagai Asisten Bagian Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan dibawah kepemimpinan H. Andi Hatta Marakarma.

Suami dari Hj. Nirwanti Bahasoan, SP ini mendapatkan gelar magisternya di Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Selama menjabat pada periode pertama (2007-2012) terjadi banyak perubahan di Morowali. Hal yang paling menonjol diperiode pertama kekuasaannya adalah digulirkannya program Pendidikan Gratis dan Kesehatan Gratis.

Program Pendidikan Gratis yang digulirkan oleh H. Anwar Hafid mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Saat itu, Morowali menjadi satu-satunya kabupaten yang menerapkan pendidikan gratis hingga SMA.

Diperiode kepemimpinannya yang kedua (2013-2018), program Pendidikan dan Kesehatan Gratis masih tetap bergulir. Bahkan terkhusus di sektor pendidikan, kini putera-puteri Morowali bisa berkuliah dengan mudah, pasalnya terobosan fenomenal kembali diluncurkan oleh H. Anwar Hafid diperiodenya yang kedua, yaitu Kuliah Gratis.

Pemerintah daerah Kabupaten Morowali telah menganggarkan dalam APBD nya bantuan dana pendidikan Strata 1 bagi putera-puteri Morowali. Hal ini tentunya bertujuan untuk memajukan kualitas SDM anak-anak daerah. Dengan adanya program tersebut, tentunya semua pihak berharap bahwa tidak akan ada lagi anak-anak Morowali yang tidak kuliah hanya karena terhambat persoalan ekonomi, karena pemerintah kabupaten telah menyiapkan dana untuk membantu biaya perkuliahan.

Program yang termasuk satu-satunya di Indonesia ini bukannya tanpa rintangan. Harus diakui bahwa tidak semua rencana akan berjalan dengan mulus. Mulai dari persoalan pendataan serta kendala-kendala lainnya menjadi penghambat bagi program ini diawal peluncurannya pada tahun 2013.

Namun, tentunya itu adalah hal biasa yang pasti terjadi. Bahwa, segala sesuatu akan terasa rumit pada awal-awalnya, namun ketika sudah mulai berjalan, pelan-pelan akan menjadi ringan.

Program Kuliah Gratis adalah sesuatu yang mulia, perwujudan dari tanggungjawab negara terhadap warganya, seperti diamanatkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pendidikan.

Hanya saja kemudian, program ini perlu pengawasan yang ketat dari semua elemen yang ada, agar benar-benar berjalan seperti seharusnya. Sebab, sebagus apapun sebuah rencana, jika pelaksananya tidak profesional maka pelaksanaannya akan melenceng dari rencana, bahkan bisa-bisa merugikan daerah/negara.