Mohon tunggu...
Getha Dianari
Getha Dianari Mohon Tunggu... Lainnya - Karyawan Swasta

Tunggu sesaat lagi, saya akan menulis lagi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ekonomi Bikin Jatuh Hati

17 Desember 2018   20:46 Diperbarui: 17 Desember 2018   21:06 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebetulnya saya akan membuat artikel bertajuk Ekonomi Itu Sederhana, tapi sebagai prolog saya malah kebablasan membuat artikel ini. Cerita perjalanan masa lalu saya sampai akhirnya memilih jurusan Ilmu Ekonomi, atau sekarang lebih dikenal dengan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan atau Ekonomi Pembangunan, di jenjang Sarjana atau S1.

Sejak usia 4 tahun saya selalu katakan ke orang tua bahwa besar nanti saya akan menjadi seorang dokter. Saat beranjak remaja, dengan berbagai aktivitas hobi coba-coba, saya mulai memikirkan cita-cita lainnya.

Sewaktu di sekolah dasar, saya pernah bermimpi akan menjadi seorang komposer karena secara otodidak pandai memainkan tuts keyboard dan gitar, serta melantunkan nada-nada yang saya buat sendiri. 

Naik tingkat ke sekolah menengah pertama, tekad saya semakin kuat menjadi seorang komposer sekaligus vokalis group band yang musikalitasnya sekelas Ahmad Dhani CS. Saat itu saya tergabung dalam group band keluarga dan teman-teman sekolah sehingga sudah percaya diri tampil dari panggung ke panggung sejak remaja. 

Tapi kemudian setelah lulus SMP, kedua group band saya tersebut bubar. Seiring dengan itu saya mencoba hobi lain, yaitu menjadi video maker. Kala itu ada dua film pendek yang sudah saya buat, dengan bantuan talent dari orang-orang sekitar lingkungan sendiri, berjudul Ketika Birahi Bicara dan 4 Suara Bagi Negeri.

Sempat terpikir melanjutkan kuliah di jurusan musik atau broadcasting, tapi akhirnya saya mencoba peruntungan ikut tes masuk universitas negeri jurusan kedokteran. Saya kuatir, musik dan broadcasting hanyalah hobi coba-coba mengisi waktu luang saat sekolah, bukanlah hal yang kedepannya akan bisa saya tekuni dengan serius. Risiko cukup besar, ini soal masa depan berpuluh-puluh tahun lamanya.

Namun kemudian, salah seorang bukde (panggilan orang jawa untuk bibi atau saudara lebih tua dari ayah/ibu) yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam salah satu rumah sakit besar di Jakarta menyampaikan pesan kepada ayah.

"Kalau anakmu mau kaya, jangan jadi dokter. Mintalah ia belajar Ekonomi ..."

Ayah kemudian menyampaikan pesan itu kepada saya. Dulu saya berpikir, saya memang berkeinginan menjadi orang kaya, bukan karena materialistis atau mata duitan. 

Ini karena di sisi lain dari hidup saya (apa ya namanya? seperti agama, keinginan menikah, punya anak, dan hal-hal semacam itu loh), saya berimajinasi suatu hari nanti dapat membangun sebuah rumah di tengah perkebunan yang damai, dengan pekerja-pekerja di lingkungan sekitar yang hidup tenteram dari usaha palawija modern yang kami bangun bersama-sama. Mimpi jangka panjang.

Setelah memikirkannya berpuluh-puluh kali, mencari banyak referensi dan menilai diri sendiri, akhirnya bulat sudah keputusan saya untuk tidak lagi memikirkan tes masuk universitas negeri jurusan kedokteran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun