Akar penyebab masalah (root couse)/key factor adalah:
Strategi pembelajaran yang digunakan guru. Strategi pembelajaran yang tepat akan mendukung tumbuhkembangnya fokus belajar siswa. Untuk Mewujudkan pembelajaran yang tepat dalam upaya peningkatan fokus belajar pada diri siswa perlu dirancang perencanaan yang tepat dan proses pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, guru perlu menyusun desain strategi pembelajaran yang menarik.Â
 Motivasi berkomunikasi antara siswa, guru dan orang tua yang perlu ditingkatkan dalam membentuk proses pembelajaran serta juga memperhatikan tumbuhkembangnya tingkat perhatian dan mengakomodir belajar siswa berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, guru perlu menyusun desain pembelajaran yang inovatif.
Strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab munculnya masalah yang berkaitan dengan kemandirian belajar siswa. Pemilihan dan penerapan strategi pembelajaran yang tepat akan mendukung
tumbuhkembangnya kemandirian belajar siswa.
Metode pembelajaran yang digunakan guru. Untuk mewujudkan pembelajaran yang tepat dalam upaya menumbuhkembangkan kemandirian belajar pada diri siswa, perlu dirancang perencanaan yang tepat dan proses pembelajaran dilaksanakan sesuai kebutuhan. kemandirian belajar pada diri siswa. Metode pembelajaran yang digunakan guru untuk pembelajaran termasuk masalah yang dikaitan dengan Pemanfaatan teknologi guna belajar siswa. Pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang tepat akan mendukung tumbuhkembangnya minat pemanfaatan teknologi untuk belajar siswa.