Mohon tunggu...
Media

Melihat Jurnalisme dan Multimedia

12 Februari 2019   23:38 Diperbarui: 13 Februari 2019   01:06 0 0 0 Mohon Tunggu...
Melihat Jurnalisme dan Multimedia
Situs Kompas.com

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat media sekarang semakin berkembang, bahkan media sekarang tidak hanya menggunakan satu jenis media saja, namun mulai menggabungkan beberapa media lainnya, hal ini dilakukan agar media tersebut dapat bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat.

Mari kita lihat perkembangan Jurnalisme di Jaman Sekarang....

Media konvensional seperti koran, tv, dan radio sekarang tidak hanya mengandalkan media itu saja, namun media sekarang juga menggunakan media lain, sering disebut juga multimedia. Pada dasarnya multimedia adalah menggabungkan atau mengkombinasikan media lain menjadi satu. Jurnalisme sekarang menggabungkan beberapa media, semisal radio yang sekarang sudah menggunakan video dalam menyampaikan kontennya.

Para pencari berita kini dituntut untuk mencari berita dan menyebarkan melalui media lainnya. Kini dengan adanya multimedia semakin memudahkan masyarakat maupun media itu sendiri dalam menyebarkan dan memperoleh informasi. Misalnya media online kompas.com yang berasal dari media koran, dalam website tersebut terdapat artikel berita beserta foto dan video. 

Selain penggunaan teks, di website tersebut juga menggunakan foto dan video

Terdapat foto dan teks
Terdapat foto dan teks
Terdapat video yang terkait dengan topik berita tersebut
Terdapat video yang terkait dengan topik berita tersebut
Maka dari itu media online tidak hanya menyajikan teks namun juga gambar beserta video agar para pembacanya dapat memperoleh informasi secara lengkap dan cepat. 

Multimedia memberikan agregat, maksudnya adalah sebuah portal berita yang dapat mengambil berita dari portal berita lain, contohnya tentu mudah seperti portal LINE Today 

Line Today yang memuat berita dari portal lain.
Line Today yang memuat berita dari portal lain.
Selain adanya agregat, Multimedia juga memberikan perubahan berupa pemilihan berita yang dapat difilter atau disaring, seperti pemilihan berita terpopuler, terbaru, dan filter lainnya

Penyaringan jenis berita
Penyaringan jenis berita
Peringkat populer di Line Today
Peringkat populer di Line Today
Adanya multimedia dalam jurnalisme menjadikan penulis berita harus mengusai beberapa aspek lain selain menulis berita, aspek lainnya yaituseperti mengedit video, membuat grafik, dan aspek lainnya, namun disisi lain adanya multimedia memudahkan masyarakat dalam mencari berita. Nah tugas kita adalah mengembangkan segala kemampuan kita untuk menyajikan berita menjadi lebih baik.

Untuk mendengarkan Podcast dari artikel ini dapat anda dengarkan disini

Sumber

KONTEN MENARIK LAINNYA
x