Mohon tunggu...
Media

Melihat Awal Mula Internet dan Media Online di Indonesia

15 September 2018   03:54 Diperbarui: 24 September 2018   22:45 0 0 0 Mohon Tunggu...
Melihat Awal Mula Internet dan Media Online di Indonesia
Republika

Internet mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, terlebih generasi millenial. Namun sebelum kita mengetahui internet seperti sekarang ini, ternyata internet mengalami perkembangan dari masa ke masa. Yuk kita lihat perkembangan tersebut dalam artikel ini.

ARPANET

Tahun 1969 Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat mulai mengembangkan sebuah jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya, Amerika membangun jaringan ini untuk keperluan militer dan pengembangan penelitian sains. Selain itu latar belakang persaingan perang dingin antara Uni Soviet juga menjadi alasan mengapa Amerika mendirikan ARPA. Dalam mengirimkan Informasi, ARPANET menggunakan data yang dikirim berbentuk paket disebut Internet Protocol Packet.  Sistem yang kemudian dikembangkan oleh Pentagon ini disebut dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan sebuah jaringan komputer.

E-mail

Tahun 1970 adalah tonggak baru dalam dunia internet, tahun ini diperkenalkan E-mail atau Electronic Mail yang diciptakan oleh Roy Tomlinson. E-mail di masa sekarang memudahkan kita dalam berkirim pesan, karena pesan tersebut dapat kita kirim dengan cepat.

Tahun 1974

Pada tahun ini versi komersial dari ARPANET muncul, yang disebut denga Telenet.

Tahun 1983

Sistem nama domain atau yang disebut denga DNS mulai diperkenalkan, sistem nama domain ini memudahkan masyarakat karena sudah menggunakan nama, seperti .gov .com .mil

Tahun 1990

Pada tahun iniBernes Lee ilmuan dari CERN menemukan HTML yang semakin memudahkan untuk mengakses internet

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x