Mohon tunggu...
Achbar Farizqy
Achbar Farizqy Mohon Tunggu... Penulis - achbar farizqy

Bisnis Artikel

Selanjutnya

Tutup

Money

Bisnis Online Membutuhkan Omnichannel, Apabila Sudah Mengalami Hal Ini

16 November 2020   17:20 Diperbarui: 17 November 2020   09:19 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis Online Membutuhkan Omnichannel, Apabila Sudah Mengalami Hal Ini

Menjalankan bisnis online memiliki metodenya tersendiri. Setiap bisnis pasti memiliki sebuah solusi yang berbeda. Solusi yang sudah terbukti berhasil belum tentu dapat digunakan untuk bisnis online lainnya. Dan tidak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan.

Mungkin memang solusi marketplace omnichannel kedengarannya cocok untuk semua bisnis online. Misalnya dengan melakukan integrasi marketplace. Menggunakan aplikasi omnichannel dapat memberikan kemudahan kamu untuk mengintegrasikan berbagai macam marketplace ke dalam satu sistem.

Manajemen pesanan juga menjadi lebih mudah berkat aplikasi omnichannel karena semua proses pesanan yang masuk dari berbagai macam marketplace dapat di proses dalam satu aplikasi. Dan stok produk kamu akan berubah secara otomatis setiap kali proses pesanan terjadi.

Rasanya apabila kamu menjalankan bisnis online akan mengingkan kemudahan-kemudahan itu, kan? Apalagi kalau bisnismu baru atau sedang mengalami kejadian seperti yang di bawah ini.

1. Mulai Kewalahan

Semakin besar sebuah bisnis online, semakin banyak juga proses pesanan dari pelanggan yang masuk. Mungkin biasanya hanya puluhan pesanan mungkin bisa tiba-tiba menjadi ratusan bahkan ribuan.

Kamu yang tadinya dapat mengatasinya sendiri bisa menjadi stres kalau harus mengurus semuanya sendiri. Cepat atau keterlabatan kamu mengirim barang juga berpengaruh kepada rating toko kamu. Kalau kamu sudah mengalami itu, saatnya bisnis online kamu butuh aplikasi omnichannel marketplace.

2. Chat Pelanggan Tidak Terbalas

Kalau kamu ingin menjaga kepuasan pelanggan, sebisa mungkin kamu harus menjaga agar chat dari pelanggan yang masuk ke dalam akun toko marketplace terbalas semua. Apabila chat yang masuk sedikit mungkin kamu mudah untuk membalas dengan cepat. Tapi kalau chat dari pelanggan tiba-tiba banyak bagaigimana?

Mungkin satu atau dua tidak terbalas dengan cepat, dapat dimaklumi. Tapi kalau sudah terlalu banyak, kamu tidak bisa mengelak lagi untuk harus menggunakan aplikasi omnichannel marketplace.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun