Mohon tunggu...
Monalisa Sakarias
Monalisa Sakarias Mohon Tunggu... Lainnya - Perempuan

Mahasiswa Universitas Siber Asia Fakultas Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisa Pengaruh Program TV "Lapor Pak" Terhadap Audience Penonton

19 November 2021   01:05 Diperbarui: 25 September 2022   00:16 5771 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

“Lapor Pak” merupakan salah satu acara hiburan komedi yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional Trans 7 mulai pukul 21.30 -22.45 Wib setiap harinya kecuali hari sabtu dan minggu, acara “Lapor Pak” berlatar belakang sebuah kantor Polisi dengan sketsa komedi perkara-perkara kriminalitas dengan melibatkan tokoh atau artis tertentu sebagai tamu dalam acara tersebut.

Program acara Lapor Pak menampilkan komedian - komedian terkenal Indonesia diantaranya Andre Taulany sebagai bapak Komandan, Wendi Cagur sebagai petugas polisi berseragam bersama Kiki Sahputri (Polisi Wanita/Polwan), Andhika Pratama sebagai Penyidik Polisi, Ayu Ting-Ting sebagai Petugas Kebersihan dan Gilang Gombloh sebagai Tahanan.

Konsep program acara “Lapor Pak” merupakan program pomedi dengan menampilkan adegan pemeriksaan interogasi yang dilakukan oleh para petugas Kepolisian diantaranya komandan Andre Taulani, penyidik Andhika Pratama dan petugas Wendi Cagur serta Kiki Sahputri sebagai pengkritik sosial terhadap tamu acara yang merupakan pesohor nasional seperti tokoh negara, politik, gubernur, artis maupun public figure lainnya yang mengalami isu atau gossip  - gossip  hangat yang memainkan peran dalam sketsa komedi tersebut.

Pada program acara “Lapor Pak” para pemain disamping menjalankan tugasnya sebagai lakon dalam sketsa komedi berdasarkan alur cerita yang sudah ada para pemain juga bertugas mempromosikan produk tertentu dalam satu segment pada alur cerita sketsa komedi tersebut.

Dalam perjalanan program televisi di Indonesia,program sketsa komedi menjadi salah satu acara yang diminati bahkan ditunggu oleh banyak orang selain program acara sinetron televisi, semakin banyak diminatinya program acara komedi dikarenakan adanya unsur hiburan yang menarik.

Namun demikian seiring meningkatnya perkembangan modernisasi kebudayaan dan tehnologi diharapkan program komedi “Lapor Pak”selain dapat memenuhi unsur hiburan tetapi juga dapat mendidik masyarakat.

Dalam kajian akademis pada suatu teori yang dikeluarkan oleh Herbert Blummer dan Elihu Katz yakni USES AND GRATIFICATION THEORY yang menyatakan bahwa Pengguna Media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut, dimana pada program komedi televisi “Lapor Pak” sangat berpengaruh terhadap perubahan perilaku masyarakat antara lain:

1) Waktu Tayang, pada program komedi “Lapor Pak” ditayangkan pada pukul 21.00 Wib  sampai dengan 22.45 Wib yang mana pada saat itu merupakan waktu istirahat seseorang selepas rutinitas pekerjaan.

Menonton progam komedi “Lapor Pak” menjadikan seseorang dapat melepaskan lelah dalam pekerjaan sehari - harinya sebelum seseorang tersebut beristirahat tidur.

2) Dari Segi Materi yang disajikan dengan mengangkat informasi-informasi yang sedang hangat dan mendatangkan bintang tamu atau artis berdasarkan isu-isu hangat yang dikemas dalam bentuk komedi menimbulkan gelak tawa sebagai efek perubahan psikologi seseorang kearah suasana hati yang penuh sukacita.

Sehingga dapat menghilangkan tingkat stress akan kegiatan yang telah dilakukannya, disamping itu sisi materi yang disuguhkan dalam program tv komedi “Lapor Pak” dapat meningkatkan wawasan pengetahuan seseorang sehingga menimbulkan perasaan yang selalu ingin menyaksikan program tersebut setiap harinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan