Mohon tunggu...
Gema Bayu Samudra
Gema Bayu Samudra Mohon Tunggu... Penulis Kemarin Sore

Sarjana Hukum

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ikan Hiu Makan Tomat, Covid kok Gak Tamat-tamat?

12 September 2020   17:06 Diperbarui: 12 September 2020   17:07 67 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikan Hiu Makan Tomat, Covid kok Gak Tamat-tamat?
Ilustrasi Covid: (SHUTTERSTOCK/CORONA BOREALIS STUDIO)

Tak terasa setengah tahun berlalu, Covid ini tidak segera juga tamat. Padahal semua upaya telah dilakukan, termasuk proses pembuatan vaksin yang prediksinya sih bakal keluar awal tahun depan, namanya juga prediksi bisa tepat bisa meleset juga ya.

Kenapa covid tidak tamat-tamat, selain ketidakdisplinan orang-orang kita. Virus ini selalu cepat berdaptasi dan bermutasi, beda halnya dengan sifat bakteri, jadi ini sangat menyulitkan para ahli kesehatan dalam membuat vaksin yang aman bagi semua orang.

Melempar ingatan kebelakang pada SARS tahun 2002, sampai detik ini pun vaksinnya belum final. Kalaupun vaksin ditemukan tidak ada dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun.

Prosesnya akan amat memakan waktu, yang lebih pahitnya sudah menghabiskan waktu yang lama tapi ujungnya tidak ditemukan, amit-amit ya. Dengan melihat ketidakpastian ini, jangan juga membuat kita pesimis.

Pasti ada jalan tengah ditengah kondisi ini walau jalannya ini sangat dilema. Sebagai catatan sebahaya apapun pandemi yang merebak, dalam sejarahnya manusia pasti bisa melewatinya. Tetap semangat!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x