Mohon tunggu...
Rachmad Gempol
Rachmad Gempol Mohon Tunggu...

RACHMAD YULIADI NASIR, Jurnalis Independent. Mesjid Deah Bitay Aceh Turkiye Jl.Teungku Di Bitay No.1\r\nBitay Jaya Baru Banda Aceh 23235. SMS: 088260020123\r\n

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peta Terbaru bagi Aceh dari LAPAN

3 April 2016   09:50 Diperbarui: 3 April 2016   14:17 0 1 1 Mohon Tunggu...

[caption caption="Peta Terbaru bagi Aceh dari LAPAN (twitter:@rachmadyuliadi)"][/caption]

JAKARTA-GEMPOL, Salah satu tugas dari LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) adalah mengumpulkan data-data dari berbagai satelit. Hasil dari data satelit ini kemudian disimpan, diolah dan dicetak serta didistribusikan kepada pihak-pihak terkait.

Seperti diketahui Pemerintah Aceh telah bekerja sama dengan LAPAN pada bulan Maret 2015. Sejak adanya layanan data satelit ini berguna bagi pembangunan Aceh yang berkelanjutan.

Dalam acara sosialisasi antara LAPAN dan BAPPEDA Aceh, "Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Pembangunan Aceh," Senin (28/03/2016).

LAPAN memberi data satelit penginderaan jauh secara gratis kepada pemerintah Aceh. Pasca acara sosialisasi ini maka LAPAN memberikan dua buah peta besar kota Banda Aceh, sekitar 2 X 1 meter kepada pemerintah Aceh.

Penyerahan data satelit penginderaan jauh merupakan implementasi dari UU No.21/2013 tentang keantariksaan dan instruksi Presiden No.6 Tahun 2012.

Data satelit ini agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh instansi terkait karena bisa diketahui konflik batas antar kabupaten, penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), permasalahan perkebunan, kehutanan, pertambangan serta perikanan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x