Mohon tunggu...
Rachmad Gempol
Rachmad Gempol Mohon Tunggu...

RACHMAD YULIADI NASIR, Jurnalis Independent. Mesjid Deah Bitay Aceh Turkiye Jl.Teungku Di Bitay No.1\r\nBitay Jaya Baru Banda Aceh 23235. SMS: 088260020123\r\n

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ketty Kamu Ngapain Saja Selama Ini...

12 April 2012   09:16 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:43 246 0 0 Mohon Tunggu...

JAKARTA-GEMPOL, "Apakah ada perubahaan pada diri kamu" ujar Kelvin menyelidiki mantan pacarnya. Kelvin selalu merenung seorang diri selama bertahun-tahun sejak perpisahan mereka berdua, karena praktis sejak itu tidak ada kontak hubungan komunikasi antara kedua insan manusia yang berlawanan jenis tersebut.

"Mas kelvin apakah kamu sudah menikah?" tanya Ketty (Ketty Purnamasari) dengan penuh semangat. "Saya belum sih, tidak ada wanita yang cocok bagi hatiku selain kamu," ujar Kelvin. "Kalau kamu bagaimana Ketty, apa sudah menikah juga?" ujar kelvin.

"Aduh mas Kelvin selalu saja menanyakan hal tersebut sejak kita kuliah bersama dan berpasangan sebagai kedua sejoli yang lagi di mabuk asmara," ujar Ketty mengenang saat-saat mereka berdua perpacaran. Terang saja, Saya menolak menikah dengan pilihan kedua orang tuaku karena Aku TIDAK cinta kepada pria itu.

Pertemuan kedua  mantan pacar antara Ketty dan Kelvin berlangsung cukup membahagiakan di kota Denpasar-Bali. Saat itu sedang di adakan KTT ASEAN sejak tanggal 17-19 November 2011.  Ketika itu Presiden Republik Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2011 sedang memberi konferensi pers yang berlangsung dari pukul 6-7 petang, pada tanggal 19 Nopember 2011 di Ruang Nusa Dua 5, BNDCC, Bali.

Presiden SBY mengemukakan Sembilan capaian utama sebagai hasil dari pertemuan-pertemuan puncak prestisius KTT ASEAN, ASEAN+, ASEAN-East Asia and KTT PBB-ASEAN (KTT ASEAN dan KTT-KTT Terkait), yang telah dibahas dan diputuskan oleh para Pemimpin yang mewakili 18 negara dari ASEAN dan Mitra Dialogue ASEAN di Bali.

Ke Sembilan capaian utama itu  yang terpenting adalah sebagai berikut:

1.Langkah-langkah nyata untuk memperkuat tiga pilar Komunitas ASEAN;Memperkuat pertumbuhan ekonomi kawasan

2.Memegang peran penting dalam pembangunan arsitektur kerjasama kawasan yang lebih efisien dan efektif;

3.Mempertahankan stabilitas dan keamanan kawasan Asia Tenggara;

4.Memperkuat peran global ASEAN;

5.Upaya bersama untuk memperkuat ekonomi Asia Timur (Kawasan Asia Timur)

6.Upaya bersama membangun landasan dan aksi riil untuk menjawab keamanan pangan, air dan energi sekaligus juga perubahan iklim.

7.Upaya bersama untuk menangani tantangan-tantangan keamanan non-tradisional: bencana alam, terorisme dan kejahatan lintas-negara.

Para kepala negara yang datang antara lain Presiden Barack Obama yang khusus datang beserta rombongannya dan para perdana menteri Negara-Negara ASEAN

Dalam sambutan pembukaan KTT ASEAN, Presiden SBY menyatakan: Pada tahun 2003, Bali kembali mencatat sejarah dengan dilahirkannya Bali Concord II. Melalui Bali Concord II ini,negara-negara ASEAN bersepakat untuk membangun komunitas berdasarkan tiga pilar: pilar politik dan keamanan, pilar ekonomi, dan pilar sosial budaya. Kita bergembira bahwa pasca Bali Concord II, ASEAN kemudian menyepakati ASEAN Charter, yang mengukuhkan ASEAN sebagai rule-based organization.

KTT ASEAN kali ini insya Allah akan melahirkan Bali Concord III, yang akan memetakan jalan ke depan, bagi interaksi komunitas ASEAN dengan komunitas global bangsa-bangsa. Hal ini sesungguhnya sejalan dengan tradisi kerja sama ASEAN selama ini, yang selalu membuka diri terhadap dunia luar, seperti melalui mekanisme dialog ASEAN dengan mitra wicaranya, dan forum strategis seperti ASEAN Regional Forum (ARF). Semangat dari Bali Concord III adalah partisipasi dan kontribusi ASEAN yang semakin besar bagi terwujudnya pembangunan dunia yang lebih damai, lebih adil, lebih demokratis, dan lebih sejahtera, termasuk peran aktif ASEAN untuk ikut mengatasi berbagai permasalahan fundamental dewasa ini.

Selesai pertemuan ASEAN maka Ketty dan Kelvin sepakat janjian bertemu di pantai Kuta-Bali. "Kamu ngapain saja sekarang ini?" ujar Ketty. "Saya menjadi jurnalis kabarIndonesia dan menulis untuk beberapa media online lainnya." ujar Kelvin. "kalau kamu apa saja aktivitasnya," tanya Kelvin. "Saya sibuk mendalami komputer dan bekerja di sebuah perusahaan swasta."

Ngomong-ngomong...Ketty kalau kamu rindu pacarmu apa saja yang kamu lakukan? Apakah kamu masih suka "ON"... ujar Kelvin. Saya jarang "ON" kadang-kadang saja, itupun kalau melihat foto-foto kamu biasanya saya langsung "ON" malamnya. Seperti saat ini ketika bertemu kamu seperti yang dahulu, bertemu cowok keren yaitu mas Kelvin, maka Ketty malamnya langsung "ON".

OKE.......see you next time...ketty...I miss you..., jangan lupa kamu menulis pesan di facebook dan mengirim email. Selamat bertugas, semoga sukses.

Catatan Ketty Purnamasari, disini banyak teman-teman diantaranya: Kelvin, Ketty, kecil, Kiki, kadal, Angsana, Angel, Agnes, Rani, Risma, Riska.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x