Mohon tunggu...
Niken Launingtia
Niken Launingtia Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Bali

Hai, saya dari Bali. Saya baru belajar untuk menulis 🙏🙏☺️

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Menghafal Hiragana dalam 1 Minggu

6 November 2020   12:47 Diperbarui: 18 November 2020   10:26 451
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai semua, saya adalah salah satu pengajar bahasa Jepang. Di Kompasiana ini saya mau sharing tentang bagaimana cara mengajarkan tulisan hiragana dalam waktu 1 minggu. Saya juga mengajar private bahasa Jepang juga bagi anak TK dan SD. Ini merupakan tantangan terbesar buat saya. Pertama kali mengajar mereka saya berfikir bagaimana caranya mengajar anak kecil terutama tulisan hiragana ini, karena tulisan hiragana merupakan tulisan paling dasar yang harus di pahami. Saya mempelajari bagaimana cara menyampaikan materi agar mudah di mengerti anak kecil.

Pertama saya memperkenalkan dahulu tulisan hiragana dengan tabel hiragana sambil di lafalkan satu persatu hurufnya, kemudian saya menyiapkan buku kotak besar agar mereka bisa mudah menulis hiragana perhurufnya, terutama mempelajari goresannya. Jadi saya memberikan contoh satu huruf, mereka mengikuti setiap goresannya dan mereka membuat satu huruf itu setiap 1 lembar kertas buku kotak. Saya memberikan pelatihan penulisan perhari itu sampai 10 huruf perhari. Namun setiap 10 huruf di tulis, saya memberikan latihan menyalin kata sederhana ini kedalam tulisan hiragana. Berharap setelah menulis banyak huruf itu mereka bisa menulisnya dalam satu kata. Saya melakukan hal itu sampai semua huruf hiragana selesai mereka tulis. 

Huruf Jepang berbeda dengan huruf Indonesia. Jika huruf Indonesia (a,b,c,d,e,f,g,h,i,j,k,l,m,n,o,p,q,r,s,t,u,w,y,x,z), sedangkan huruf Jepang (a,i,u,e,o,ka,ki,ku,ke,ko,sa,shi,su,se,so,ta,chi,tsu,te,to,na,ni,nu,ne,no,ma,mi,mu,me,mo,ha,hi,fu,he,ho,ra,ri,ru,re,ro,wa,wo,n) ada juga tulisan Jepang yang variasinya, yaitu (bya,byo,pya,pyu,pyo,kya,kyu,kyo,hya,hyu,hyo,gya,gyu,gyo) dan ada juga hiragana sedikit sulit saat penulisan yaitu penulisan huruf ganda seperti (yokka,mikka, surippa dll yang hurufnya double).

Kalau dibayangkan akan terlihat lebih susah, pasti bertanya-tanya bagaimana cara menghafal sebanyak huruf itu. Kalian jangan pusing untuk menghafalnya, saya akan memberikan cara menghafal dan memahami dengan cepat semua tulisan hiragana itu. Berikut caranya ya....

Pertama akan diajarkan tuliasan hiragana dasar dahulu. Jika sudah menghafal dan memahami kata dasar jadi tidak sampai 1 hari mengajarkan tulisan hiragana yang variasi itu. Berikut caranya ya...

Setelah mereka menulis dasar hiragana, saya ajak mereka bermain kartu huruf hiragana. Cara mainnya yaitu kartunya akan ditaruh d atas meja secara acak disebarkan, kemudian saya mengucapkan huruf "sa" mereka harus mencari mana kartu hiragana yang bertuliskan huruf yang saya maksud secepat mungkin. Jadi mereka harus rebutan mengambil kartu yang dimaksud dan yang paling banyak mengumpulkan kartu hiragana itu maka dia yang menang. Biasanya anak kecil suka diberikan stiker sebagai rewardnya. Jafi mereka sangat semangat untuk belajar. 

Setelah mereka lancar mengenal huruf dasar, mereka akan diajak bermain membuat kata sederhana dengan kartu itu, namun mengikuti instruktur dari saya. Misalnya saya mengatakan "ashi" jadi mereka harus rebutan mencari kartu hiragana dan menyusun kata yang disebutkan tadi. Itu melatih mereka membuat kata sederhana. Pelatihan ini akan dilakukan beberapa kali. 

Setelah menghafal hiragana dasar, baru diajarkan variasi dengan cara, jika akan menulis "kya" maka menggunakan huruf hiragana "ki dan ya(kecil)" seperti ini . Kemudian "pya"maka huruf "pi dan ya(kecil)".

Sebelumnya saya memberikan huruf dasar mana saja yang akan berubah menjadi pa,ba,ga dan za. Huruf "sa " di tamah tanda petik diatas huruf sa berubah menjadi huruf "za". Shi,su,se,so juga sama perubahannya. Huruf "ha " jika diberikan tanda petik diatas huruf akan berubah "ba " namun bila "ha " diberikan bulat kecil diatas hurufnya berubah menjadi "pa"dan huruf "ka" diberikan tanda petik diatas hurufnya akan berubah menjadi "ga ".

Setelah lancar dengan kartu huruf hiragana, dilanjutkan permainan teka teki sederhana. Instruksi menggunakan bahasa Indonesia kemudian mereka akan menulis di kotak teka teki yang sudah saya siapkan. Misalnya saya memberikan instruksi "kotak no 2 mendatar bahasa Jepangnya selamat pagi"kemudian mereka akan mengisi kolom no 2 mendatar "ohayou gozaimasu"dalam tulisan hiragana. Itu melatih tulisan dan kosa kata dalam bahasa Jepang.

Kemudian saya mendapat ide lagi untuk benar-benar mengenal tulisan hiragana dari salah satu teman saya yang sama-sama mengajar bahasa Jepang tapi beda kabupaten. Saya pun mencoba cara yang diberikan itu kepada mereka, hasilnya memang benar sangat baik. Mereka lebih semangat dan sudah mulai terbiasa membaca tulisan hiragana itu karena instruksi "maju berapa langkah, dst" menggunakan bahasa Jepang dan tulisan Jepang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun