Mohon tunggu...
Geiga AryaRasendriya
Geiga AryaRasendriya Mohon Tunggu... Mahasiswa

Driven By Ambitions

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa Undip Menutup Pintu Penularan COVID-19 dari Pedagang Keliling!

11 Agustus 2020   23:26 Diperbarui: 12 Agustus 2020   16:02 20 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Menutup Pintu Penularan COVID-19 dari Pedagang Keliling!
607669-5f32c753097f3615140e8de2.jpg

Kota Tangerang Selatan (11/08/2020)Pedagang keliling merupakan fenomena sehari-hari yang umum dijumpai dari pedesaan hingga perkotaan. Di masa pandemi COVID-19, fenomena pedagang keliling seakan-akan tidak terpengaruh dengan adanya virus yang merebak ini. Saat masa karantina pedagang-pedagang keliling tetap berjualan. Para pedagang mengaku jika mereka hanya berdiam diri dirumah, maka anak istri mereka tidak bisa makan. Karena ini, Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2020 Kota Tangerang Selatan, Geiga Arya Rasendriya dari Departemen Teknik Geologi, tergerak untuk melakukan perubahan. 

Di wilayah lokasi pelaksanaan KKN tepatnya di RT 006/RW 011, Komplek Kucica, Bintaro Sektor 9, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, terlihat banyak pedagang keliling yang berjualan tanpa menggunakan masker dan tidak mematuhi protokol kesehatan

Padahal, pedagang keliling berinteraksi dengan banyak pembeli yang berada di rumah. Karena ini, Program kerja berbentuk penyuluhan sekaligus pendistribusian masker, sarung tangan, sekaligus hand sanitizer sebagai package untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam bertransaksi dengan pembeli sehingga mencegah penularan COVID-19. 

Dalam kegiatan ini, setiap pedagang diberikan pelatihan protokol kesehatan, yaitu dengan menyajikan makanan menggunakan sarung tangan, selalu menggunakan masker, serta menggunakan hand sanitizer setiap sebelum dan setelah bertransaksi. Hal ini terbukti berhasil membantu memerangi dan mencegah penularan COVID-19. 

Dengan seluruh pedagang keliling mematuhi protokol kesehatan seperti yang sudah diajarkan, maka sangat membantu menutup salah satu pintu penularan COVID-19. Protokol kesehatan ini juga memberikan rasa aman diantara pedagang keliling dan pembeli, sehingga kesehatan kedua belah pihak lebih terjamin.

Reviewed By: Ibu Jazimatul Husna, SIP., M.IP. (DPL Tim II KKN UNDIP 2020 Kota Tangerang Selatan)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x