Mohon tunggu...
GebangPencerah
GebangPencerah Mohon Tunggu... KKN Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kuliah Kerja Nyata Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun 2021 Kelompok 2. Kelurahan Gebang Kecamatan Sidoarjo, Sidoarjo.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN-P Kelompok 2 Indahkan Lingkungan RW 01 dengan Taman Mini dari Pemanfaatan Botol Bekas

4 Maret 2021   22:05 Diperbarui: 4 Maret 2021   22:08 47 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN-P Kelompok 2 Indahkan Lingkungan RW 01 dengan Taman Mini dari Pemanfaatan Botol Bekas
Membuat Taman Mini di Lingkungan RW. 01 Kelurahan Gebang (Dokpri)

Kamis (4/3/2021). Mahasiswa KKN-P Kelompok 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) yang sedang melaksanakan KKN di Kelurahan Gebang, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo telah melakukan pembuatan taman mini dengan memanfaatkan botol bekas sebagai tempat untuk menanam. Alasan digunakannya botol bekas adalah karena banyaknya botol bekas di lingkungan sekitar yang langsung dibuang, padahal masih bisa dimanfaatkan agar tidak menjadi sampah, salah satunya yaitu digunakan sebagai tempat menanam.

Mahasiswa awalnya mengumpulkan botol bekas. Setelah terkumpul, botol-botol tersebut dicuci terlebih dahulu, kemudian botol dilapisi dengan warna-warni cat agar terlihat lebih menarik. Adapun tumbuh-tumbuhan yang ditanam diantaranya adalah tanaman alur, pandan, serai, kunyit, cabai, daun sirih merah. Setelah ditanam dalam pot yang terbuat dari botol plastik, kemudian digantungkan pada tiang tanaman yang terbuat dari bambu dengan cat yang berwarna-warni.

Tujuan dilaksanakannya pembuatan taman mini tersebut adalah agar lingkungan RW 01 terlihat lebih indah dengan adanya tanaman dengan pot dari botol yang berwarna-warni, terlebih di lingkungan yang masih kosong dan tidak ada tanaman, dan agar warga RW 01 dapat memanfaatkan botol bekas menjadi sesuatu yang berguna sehingga tidak lagi menjadi sampah.

Penulis : Kasih Ayu Wulansari

Editor : Teguh Iswanto

VIDEO PILIHAN