Mohon tunggu...
GebangPencerah
GebangPencerah Mohon Tunggu... KKN Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kuliah Kerja Nyata Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun 2021 Kelompok 2. Kelurahan Gebang Kecamatan Sidoarjo, Sidoarjo.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN-P KELOMPOK 2 DESA GEBANG MEMULAI PROGRAM KERJANYA UNTUK BANK SAMPAH

4 Maret 2021   00:24 Diperbarui: 4 Maret 2021   06:38 147 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN-P KELOMPOK 2 DESA GEBANG MEMULAI PROGRAM KERJANYA UNTUK BANK SAMPAH
Pengumpulan sampah warga setempat. Kelurahan Gebang, Sidoarjo

Rabu (3/3/2021). Mahasiswa KKN-Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah memulai program kerjanya yaitu dalam pembuatan bank sampah, yakni pengumpulan sampah basah sudah dimulai sejak hari rabu pagi pukul 09.00 dengan menyebar diberbagai titik wilayah RW 01 Desa Gebang, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. 

Mahasiswa terus bergerak mendatangi beberapa rumah di RT 32, 03 dan 04 dikumpulkan di Balai RW 01 dengan menyiapkan drum yang sudah didesain untuk bank sampah dengan diisi sampah basah seperti dedaunan, sayur mayur, sisa makanan dan lain sebagainya bersama cairan bakteri pengurai EM-4. Kemudian drum yang sudah diisi harus ditutup hingga 1-2 bulan, selain itu juga harus dilakukan pengecekan setiap 2 minggu sekali.

Pemilihan sampah dan dimasukkan dalam tong/drum
Pemilihan sampah dan dimasukkan dalam tong/drum

Dalam berlangsungnya program kerja tersebut, Mahasiswa UMSIDA memiliki antusias tinggi dengan bahu membahu untuk bisa menjalankannya dengan baik, agar warga RW 01 dapat memanfaatkan bank sampah tersebut yang kedepannya dapat berguna untuk pupuk cair yang dapat disebut sebagai cairan lindih.

Penulis : Ade Dikmaniar Mahadini

Editor : Teguh Iswanto

VIDEO PILIHAN