Mohon tunggu...
Gina Wangsih
Gina Wangsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - STATISTIKA - UNDIP

KKN TIM II UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Covid Dianggap Hoax? Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Covid-19 kepada Masyarakat Koto Baru

4 Agustus 2021   17:15 Diperbarui: 5 Agustus 2021   08:47 42 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Covid Dianggap Hoax? Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Covid-19 kepada Masyarakat Koto Baru
img-20210705-wa0013-610a59aea1130e5cfb6a66e2.jpg

Koto Baru (04/08/2021) Pandemi Virus Corona atau COVID-19 yang tidak kunjung berakhir membuat masyarakat kewalahan menghadapi kenyataan. Protokol kesehatan yang pada awalnya sangat diketatkan perlahan semakin memudar dan tidak lagi diterapkan. Hal ini menyebabkan penyebaran COVID-19 terus meningkat dan tidak ada habisnya hingga saat ini. 

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi problematika ini adalalah memberikan edukasi kembali kepada masyarakat setempat. Permasalahan serupa juga masih menjadi tantangan bagi masyarakat Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Pelanggaran terhadap protokol kesehatan sudah menjadi hal yang tidak jarang terjadi setiap harinya.

 Berita-berita hoax yang terus menyebar juga menjadi ancaman besar bagi masyarakat untuk dapat mengakhiri masa pandemi. Tidak tanggung-tanggung, selain menyebabkan masyarakat takut untuk divaksin, berita hoax yang setiap waktu mengantui masyarakat di Nagari Koto Baru juga menimbulkan opini tidak benar yang menyebutkan bahwa COVID-19 itu tidak ada. 

Menanggapi masalah ini, Gina Wangsih, salah satu Mahasiswa Universitas Diponegoro yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) langsung mengambil tindakan atas izin dari Wali Nagari Koto Baru, Bapak Afrizal K. Malin Batuah. Dengan menggunakan media infografis, Mahasiswa KKN UNDIP melaksanakan kegiatan sosialisasi secara door to door dalam rangka memberikan edukasi COVID-19 kepada masyarakat di Nagari Koto Baru.  

Gambar 1. Pelaksanaan Edukasi COVID-19 secara door to door (dokpri)
Gambar 1. Pelaksanaan Edukasi COVID-19 secara door to door (dokpri)
Kegiatan edukasi COVID-19 yang dilaksanakan pada tanggal 15 dan 19 Juli 2021 ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar kembali meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19 dengan memperketat protokol kesehatan 5M, melaksanakan vaksinasi, mengenali gejala klinis infeksi Virus Corona serta variannya, dan menyaring berita-berita mengenai COVID-19 secara cermat. 

Kegiatan sosialisasi secara door to door kepada masyarakat Nagari Koto Baru ini juga disertai dengan kegiatan pembagian masker secara gratis sebagai bentuk persuasif dari Mahasiswa KKN UNDIP untuk menerapkan protokol kesehatan 5M. Selain itu, pembagian masker juga dilakukan di Masjid Raya Koto Baru untuk Jama’ah Sholat Jum’at pada tanggal 16 Juli 2021 dan pembagian masker untuk perbekalan Jama’ah Sholat Ied pada Hari Raya Idul Adha melalui pengurus masjid tersebut.

Gambar 2. Pemberian masker gratis melalui Pengurus Masjid Raya Koto Baru (dokpri)
Gambar 2. Pemberian masker gratis melalui Pengurus Masjid Raya Koto Baru (dokpri)
Adapun untuk memberikan edukasi COVID-19 kepada siswa-siswi di Nagari Koto Baru, Mahasiswa KKN UNDIP melakukan kegiatan penempelan media infografis yang sebelumnya digunakan dalam pelaksanaan sosialisasi di majalah dinding dan papan pengumuman sekolah-sekolah yang ada di Nagari Koto Baru.

Gambar 3. Penempelan infografis di sekolah Nagari Koto Baru (dokpri)
Gambar 3. Penempelan infografis di sekolah Nagari Koto Baru (dokpri)

Kegiatan edukasi COVID-19 di sekolah-sekolah yang ada di Nagari Koto Baru dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Juli 2021 untuk menghindari terjadinya penyebaran virus COVID-19 di sekolah-sekolah tersebut. Dengan dilaksanakannya rangkaian kegiatan edukasi COVID-19 ini diharapkan masyarakat dapat terus meningkatkan kewaspadaannya terhadap penyebaran COVID-19.

Nama Penulis : Gina Wangsih

Dosen Pembimbing : Karnoto, S. T., M. T.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN