Mohon tunggu...
Gina Wangsih
Gina Wangsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - STATISTIKA - UNDIP

KKN TIM II UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Inovatif! Mahasiswa KKN Undip Berikan Solusi Olah Data Efektif dan Efisien untuk Nagari Koto Baru

4 Agustus 2021   16:03 Diperbarui: 5 Agustus 2021   08:46 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inovatif! Mahasiswa KKN Undip Berikan Solusi Olah Data Efektif dan Efisien untuk Nagari Koto Baru
img-20210705-wa0013-610a56eda1130e6b7d790462.jpg

Koto Baru (04/08/2021) Dimulai dari tanggal 30 Juni 2021, Mahasiswa KKN UNDIP secara resmi diterjunkan untuk melaksanakan program KKN di kampung halaman masing-masing. Pelaksanaan "KKN Pulang Kampung" ini menjadi kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat secara maksimal sesuai dengan bidang keilmuan yang telah dikuasai di wilayah tempat kelahirannya. 

Oleh karena itu, agar dapat menjalankan program KKN yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mahasiswa terlebih dulu melakukan survei mengenai permasalahan yang masih menjadi penghalang bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang optimal.

Salah satu wilayah yang dijadikan sebagai sasaran pelaksanaan kegiatan KKN TIM II 2021 UNDIP adalah Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sebagai nagari yang memiliki penduduk terpadat di Kabupaten Solok, Nagari Koto Baru diharuskan memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat, khususnya dalam hal pendataan dan ketersediaan data yang dapat menggambarkan nagari itu sendiri. Namun, pada kenyataannya, hal ini masih menjadi tantangan bagi Perangkat Nagari Koto Baru untuk dapat memberikan pelayanan optimal dalam hal tersebut.

Penggunaan software pengolah angka biasa dalam melakukan olah data (statistik) menjadi biang masalah yang menurunkan optimasi Nagari Koto Baru dalam menyediakan data sesuai kebutuhan masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut, Gina Wangsih sebagai Mahasiswa Statistika UNDIP yang sedang melaksanakan KKN di Nagari Koto Baru memberikan solusi dengan menyusun program "Pelatihan software olah data (statistik) menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution).

Gambar 1. Penyerahan Modul SPSS kepada Sekretaris Nagari Koto Baru (dokpri)
Gambar 1. Penyerahan Modul SPSS kepada Sekretaris Nagari Koto Baru (dokpri)

Dalam pelaksanaannya, program KKN ini tidak hanya memberikan pelatihan olah data (statistik) dengan SPSS, namun juga memberikan fasilitas berupa modul pelatihan untuk dapat menjadi bekal bagi Perangkat Nagari Koto Baru untuk mengembangkan sistem olah data menjadi lebih efektif dan efisien. Program pelatihan olah data (statistik) dengan SPSS ini dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Juli 2021 bersama dengan Sekretaris Nagari Koto Baru, Bapak Andrizal Saleh, S.E. di Kantor Wali Nagari Koto Baru.

Gambar 2. Pelaksanaan program pelatihan olah data (statistik) dengan SPSS  (dokpri)
Gambar 2. Pelaksanaan program pelatihan olah data (statistik) dengan SPSS  (dokpri)

Sesuai dengan permintaan Perangkat Nagari Koto Baru, kegiatan ini juga mencakup pelatihan untuk melakukan instalasi software SPSS. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP juga menyediakan fasilitas lain yang memudahkan proses instalasi, seperti pedoman instalasi SPSS dan file-file yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi SPSS. Dengan adanya pelatihan serta fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh Mahasiswa KKN UNDIP ini, Bapak Andrizal Saleh, S.E. selaku Sekretaris Nagari Koto Baru berharap proses pengolahan data Nagari Koto Baru dapat menjadi lebih efektif dan efisien karena sudah menggunakan software olah data (statistik) yang tepat dan mudah digunakan.

Nama Penulis : Gina Wangsih

Dosen Pembimbing : Karnoto, S. T., M. T.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan