Bahasa Pilihan

Mengapa Kata "Trophy" Dipadankan dengan Kata "Hadiah", bukan dengan Kata "Trofi?"

11 Juli 2018   19:51 Diperbarui: 12 Juli 2018   19:47 769 1 1
Mengapa Kata "Trophy" Dipadankan dengan Kata "Hadiah", bukan dengan Kata "Trofi?"
Sumber: http://news.detik.com

Apa yang ada di benakmu ketika kamu mendengar atau membaca kata trophy? Piala? Penghargaan? Atau bahkan masih banyak hal yang kamu pikirkan?

Trophy menurut Kamus Inggris -- Indonesia karya A.L.N Kramer Sr. (1993) memiliki arti 'tanda kemenangan'.

Sedangkan dalam kamus Oxford, trophy /'trfi/ [C] (pl --ies) memiliki arti (1) Prize given for winning a competition (Harga yang diberikan untuk pemenang kompetisi); (2) Something kept as a reminder of a victory or success (Sesuatu yang dijaga sebagai pengingat atas kemenangan atau kesuksesan).

Kata trophy dalam buku Pedoman Umum Pembentukan Istilah (2004) tentang prosedur pembentukan istilah termasuk kedalam proses yang kelima, yaitu istilah dalam bahasa Inggris dengan penyerapan dan penerjemahan sekaligus.

Kata trophy diserap dan diterjemahkan menjadi kata trofi. Mengapa penulisan trophy berubah menjadi trofi ketika diserap ke dalam Bahasa Indonesia?

Dalam buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia: Edisi Keempat tentang Penulisan Unsur Serapan, terdapat dua kaidah ejaan yang berlaku dalam kata trophy, yaitu pelafalan "ph" yang berubah menjadi "f" dan pelafalan "y" yang berubah menjadi "ai" atau "i", sehingga kata trophy berubah menjadi trofi /tro.fi/.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia daring Edisi Kelima, kata trofi yang berada di kelas kata nomina memiliki pengertian: (1) yang diperoleh sebagai tanda kenang-kenangan atas kemenangan atau keberhasilan (dalam perburuan, olahraga, dan sebagainya) dalam bentuk piala, patung kecil, dan sebagainya; hadiah berupa uang atau barang bagi yang memenangi atau menjuarai turnamen olahraga.

Namun kata trofi masih dirasa kurang tepat untuk menjadi padanan kata trophy.

Dalam Tesaurus Bahasa Indonesia Edisi Kedua (2016), kata trofi bersinonim dengan (1) beker, piala; (2) hadiah, penghargaan.

Jika dilihat sinonimnya, kata trophy lebih tepat dipadankan dengan kata hadiah.

Kata hadiah dalam KBBI V mengandung makna: (1) Pemberian (kenang-kenangan, penghargaan, penghormatan); (2) Ganjaran (karena memenangi suatu perlombaan); (3) Tanda kenang-kenangan (tentang perpisahan); cendera mata.

Meskipun padanan yang ditetapkan adalah kata trofi dan dalam penulisannya kata trofi lebih mendekati kata trophy, masyarakat lebih sering memakai kata hadiah dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut dikarenakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih memilih memakai kata yang sudah sering didengar dan nyaman untuk mereka pakai dalam berkomunikasi.

Dengan begitu, secara tidak langsung kata hadiah disepakati oleh masyarakat untuk menjadi padanan kata trophy.