Mohon tunggu...
GawaiKita
GawaiKita Mohon Tunggu... Service Laptop Kota Bandung

GawaiKita, solusi perbaikan Laptopmu!

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Menggunakan WiFi Umum

8 Mei 2021   10:27 Diperbarui: 8 Mei 2021   10:34 109 1 0 Mohon Tunggu...

Sahabat Gawai pasti sering bekerja di luar rumah seperti cafe maupun working space. Saat bekerja diluar, hal yang paling pertama dicari pastilah wifi. Saat ini kita akan sulit bekerja jika tidak menggunakan koneksi internet. Hampir semua tempat tersebut juga memberikan fasilitas wifi gratis. Sahabat Gawai harus berhati - hati jika menggunakan wifi gratis di tempat umum, karena banyak terdapat malware atau spyware yang bertebaran di dalam koneksi internet umum. Berikut merupakan hal yang harus diperhatikan saat menggunakan wifi di tempat umum. 

  1. Jangan koneksikan laptop pada jaringan wifi tanpa sandi / password

Jika Sahabat Gawai menemukan koneksi internet tanpa sandi atau password untuk mengkoneksikannya, jangan mudah untuk menggunakannya. Karena wifi yang tidak dilengkapi dengan kata sandi umumnya sering digunakan oleh penjahat siber untuk melacak data pribadi Sahabat Gawai. Mereka sengaja memberikan akses gratis untuk dapat menghubungkan perangkat mereka ke laptop Sahabat Gawai yang sedang terhubung dalam jaringan yang sama.

  1. Hindari bertransaksi online

Ketika menggunakan wifi umum, usahakan jangan membuka akun perbankan atau melakukan transaksi online yang berhubungan dengan pembayaran yang memerlukan informasi pribadi di dalamnya. Karena tanpa adanya sistem keamanan di dalam laptopmu, jejak digital yang tertinggal bisa disalahgunakan oleh penjahat siber untuk mencuri data bahkan uang di rekening. Lebih baik Sahabat gawai menggunakan koneksi data mobile pribadi.

  1. Gunakan antivirus

Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan antivirus pada laptop Sahabat Gawai. Antivirus dapat berfungsi sebagai pendeteksi awal jika terjadi keanehan. Selain itu menggunakan antivirus dapat membantu mendeteksi beberapa kemungkinan keanehan yang akan muncul ketika terhubung dengan jaringan internet.

  1. Matikan wifi

Setelah selesai menggunakan koneksi jaringan wifi umum, ada baiknya jika sahabat gawai segera mematikan wifi pada laptop. Selain untuk mencegah pelacakan lokasi, hal ini juga dapat mencegah penjahat siber atau oknum lain untuk mengirimkan spam iklan pada laptop Sahabat Gawai. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan login dan logout setelah melakukan aktifitas yang membutuhkan data, hal ini diperlukan untuk mengamankan data-data yang tersimpan pada cache browser.

  1. Gunakan koneksi yang aman

Biasanya situs - situs yang terkemuka dan terpercaya selalu menggunakan URL : https sebelum domain mereka, situs ini merupakan situs yang aman yang secara otomatis akan mengarahkan Sahabat Gawai ke website aman mereka. Hindari jika menemukan situs yang berawalan http, jika terlanjur terbuka, Sahabat Gawai dapat langsung menutup situs tersebut lalu menghapus cache dan history browser. Untuk pengamanan lainnya Sahabat Gawai juga dapat mengatur pengaturan laptop untuk terhubung ke jaringan secara manual.

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    VIDEO PILIHAN