Mohon tunggu...
Sr. Gaudensia Habeahan OSF
Sr. Gaudensia Habeahan OSF Mohon Tunggu... Guru - Biarawati
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup ini indah, seindah saat kita dapat berbagi dengan sesama

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengapa Ada Kesepian?

22 September 2020   22:21 Diperbarui: 22 September 2020   22:28 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika saya berada disebuah halte, seorang gadis datang menghampiri saya. Saya juga turut menyambutnya dan memberi salam. Kurang lebih 15 menit kami menghabiskan waktu di halte itu bercerita tentang panggilan menjadi seorang religius itu. 

Pertanyaan yang sangat bagus dilontarkannya kepada saya,kalau menjadi seorang biarawati itu kan tidak menikah hidupnya sendiri terus,apakah suster tidak mengalami yang namanya kesepian?

Saya hanya tersenyum melihatnya dan saya ingin sekali menjelaskan kepadanya tapi keburu bus yang mau ditumpangi sudah datang. Akhirnya saya bagikan lewat artikel yang tak seberapa ini... hehehehe.

Saya kira banyak orang yang mengalami kesepian dalam hidupnya. Orang yang tenggelam dalam rasa kesepian akan mengakibatkan stres, depresi, trauma bahkan ada yang sampai bunuh diri. 

Pertanyaan nya, dari mana datang kesepian itu? Apakah Karena hidup sendiri? Belum tentu dan saya katakan tidak. Hidup sendiri itu tidak mendatangkan kesepian.

Untuk saya sendiri kesepian itu ada ketika saya atau kita berada dalam kelompok pertemanan,kelompok keluarga,atau kelompok ang lain namun kita merasa terasing atau diasingkan. 

Bisa saja karena saya atau kita merasa tidak dihargai, tidak diterima, tidak diakui, tidak dicintai dan keberadaan kita dianggap tidak ada sama sekali. Istilah trendnya kesepian ditengan keramaian.

 Dan pengalaman ini belum tentu dialami oleh semua orang dan memang sifatnya lebih pada persona. Tergantung pribadi-pribadi yang mendefinisikan kesepian itu seperti apa. Jadi,menurut saya kesepian itu adalah pengalaman yang subjektif.

Orang yang merasa kesepian akan tampak jelas dari hidupnya,karena kurang bersemangat dalam melakukan hal apapun dan seakan-akan hidupnya tak punya arti. 

Jadi,kesepian itu terjadi bukan karena saya hidup sendiri /seorang diri tapi justru sebaliknya ketika saya berada bersama orang lain dan saya merasa asing diantara mereka. 

So, kesepian itu tidak akan terjadi ketika kita sendiri. Justru sekarang ini kita lebih asyik dengan kesendirian itu. Sibuk sendiri tanpa menghiraukan orang yang ada disekitar kita. Kesepian itu membutuhkan orang lain loh...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun