Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

3 Strategi Menkominfo Johnny Plate Dorong Program "Go Digital" UMKM

2 Agustus 2021   17:20 Diperbarui: 2 Agustus 2021   17:51 97 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Strategi Menkominfo Johnny Plate Dorong Program "Go Digital" UMKM
Ilustrasi (Sumber: Indonesiatech.id)

Dalam Forum Asia Tech x Singapore 2021 (AT x SG)-- AtxSummit, Future Role of Connectivity: Bridging the Digital Divide yang berlangsung virtual dari Jakarta pada 13 Juli 2021, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah menyiapkan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024.

Roadmap yang dimaksud Johnny Plate meliputi 4 sektor strategis, yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital. Untuk mencapainya, masih menurut menkominfo, pemerintah tengah meningkatkan konektivitas untuk menjembatani kesenjangan digital.

"Pemerintah Indonesia ingin lebih kuat di era digital ini, baik dalam keuangan digital, perbankan digital, e-commerce, pariwisata digital, UMKM digital, dan banyak lainnya. Untuk mewujudkan menuju Indonesia Terkoneksi: semakin digital, semakin sejahtera," jelas Menkominfo Johnny Plate

ATxSG 2021 sendiri merupakan konsep baru dari Smart Nation Innovation Week (SNIW) yang sejak 2015 diselenggarakan secara rutin oleh Pemerintah Singapura. Dalam setiap pamerannya, SNIW menggabungkan unsur teknologi, digital society, dan digital economy. Pada tahun ini, ATxSG 2021 diselenggarakan pada 13-16 Juli 2021 di Marina Bay Sands, Singapura.

Mengenai pembangunan infrastruktur digital, Menkominfo menyatakan pemerintah Indonesia dan perusahaan telekomunikasi telah menggelar jaringan kabel serat optik sepanjang 342.000 kilometer di serat optik daratan dan lautan sebagai tulang punggung konektivitas teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagaimana yang dipaparkan Johnny, saat ini lebih dari 500.000 Base Transceiver Stations (BTS) juga telah dibangun untuk memungkinkan jangkauan sinyal 4G, menjangkau masyarakat Indonesia termasuk di daerah yang sangat terpencil. Jangkauan sinyal 4G ini akan menjadi tulang punggung infrastruktur digital, untuk mendukung Indonesia dalam percepatan Transformasi Digital.

Dengan tersedianya BTS memungkinkan para pelaku UMKM Indonesia untuk dapat beralih ke digital onboard. Ia memaparkan saat ini diperkirakan sudah ada 11 juta UMKM digital Indonesia dan beberapa di antaranya sedang dalam tahap scaling-up untuk mendukung perekonomian Indonesia. Tentu saja, pembangunan infrastruktur ini juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi digital Indonesia.

"Hilirnya daripada infrastruktur TIK yaitu ekonomi digital itu sendiri. Makanya, kita harus memanfaatkan infrastruktur kita untuk memanfaatkan ekonomi digital. Di Indonesia saat ini tulang punggung perekonomian kita adalah UMKM dan Ultra Mikro yang menjadi penyumbang 61,07% dari GDP nasional," jelas Menkominfo Johnny Plate.

Johnny pun kemudian mengutip data dari Google Temasek yang mengungkapkan tentang ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan akan melampaui 124 miliar USD pada akhir tahun 2024. Masih menurut Johnny, proyeksi inilah yang menjadi pendorong Ekonomi Digital Indonesia di kawasan telah tumbuh dua digit pada 10,58% pada tahun lalu.

"Jadi valuation digital ekonomi Indonesia begitu besar pengaruhnya atau mengambil bagian dari digital ekonomi negara-negara di Asia Tenggara," ujar Johnny.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN