Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Novel Baswedan: Ini yang Bikin Skeptis

11 November 2019   11:56 Diperbarui: 18 Juni 2020   08:56 2541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel Baswedan (Sumber: Kompas.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Dewi Tanjung yang mengaku telah mempelajari video-video dan foto-foto terkait penyerangan terhadap Novel Baswedan pun terlihat kurang menguasai data kasus ini. 

Ini terlihat dari kegugupannya saat Aiman Wicaksono mengatakan bahwa CCTV hanya merekam kejadian pasca serangan, bukan saat penyerangan.

Padahal, Aiman jelas salah. Rekaman CCTV yang dipublikasikan media bukan pasca serangan, tapi dari sebelum sampai setelah penyerangan. 

Rangkaian aksi penyerangan air keras terhadap Novel Baswedan bisa dilihat dari rekaman CCTV yang dipublikasikan oleh Kompas TV lewat Youtube.

Juga bisa disaksikan lewat rekaman CCTV yang ditayangkan CNNIndonesia, juga lewat Youtube.

Dari dua rekaman CCTV yang diberitakan oleh dua media tersebut terlihat sebuah sepeda motor dengan lampu menyala yang membelokkan sedikit arah ke kiri sekaligus perlambat lajunya beberapa meter dari dua pejalan kaki yang masih mengenakan mukena. 

Sepersekian detik kemudian sepeda motor mempercepat lajunya sambil menghindari dua pejalan kaki di depannya. Sesaat kemudian, terlihat ada sejumlah orang yang bergerombol di sekitar lokasi.

Dalam perbincangan di Kompas TV juga terungkap bila air keras yang dilemparkan pelaku Baswedan tidak seluruhnya mengenai Novel Baswedan, sebagian lagi melenceng dan mengenai trotoar. 

Salah Kaprah Bandingkan Novel Baswedan dengan Lisa FaceOff.

Sebagaimana diinformasikan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 12 April 2017, Novel Baswedan disiram dengan menggunakan air keras berjenis asal sulfat H2SO4 tak pekat atau tidak memiliki konsentrasi tinggi. 

Sementara, Siti Nurjazila yang kemudian dikenal dengan nama Lisa Face Off disiram oleh suaminya, Irfan Efendi, dengan menggunakan Air keras serupa hydrochloric dan asam nitrat (Sumber: Kompas.com).

Jelas, jenis air keras yang merusak mata Novel Baswedan berbeda dengan jenis air keras yang merusak wajah Lisa Face Off. 

Belum lagi dengan tingkat kepekatannya. Tidak diketahui tingkat kepekatan asam klorida yang merusak wajah Lisa. Sebaliknya, mata kiri Novel dirusak oleh asam sulfat tak pekat.

Luka asam sulfat yang diderita Novel Baswedan lebih tepat jika membandingkannya dengan luka yang dialami oleh Carla Whitlock akibat disiram dengan drain cleaner yang mengandung 87-93 persen asam sulfat. 

Membandingkan Novel dengan Carla terbilang tepat lantaran keduanya terkena zat yang sama, yaitu asam sulfat. Selain itu 8 hari setelah serangan, kondisi wajah Novel terekam oleh kamera wartawan Net TV pada 19 April 2017.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun