Mohon tunggu...
Merah Putih
Merah Putih Mohon Tunggu... -

Life is Beautiful. enjoy working, enjoy playing, enjoy writing.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Foto Letusan Gunung Api Bawah Laut

24 Maret 2011   10:22 Diperbarui: 26 Juni 2015   07:29 8844 2 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Letusan Gunung Api Bawah Laut
1300961884161575468

Oh mama oh papa, ini bagaimana kok ada gunung dimana-mana di negara indonesia? Oh tunggu-tunggu saja nak aku cari jawabnya di dunia maya. Kamu tenang-tenang saja nanti kuberi penjelasannya.

Apa yang membedakan bumi dengan planet-planet lainnya di tata surya? Yup, tepat sekali. Bumi sangat mencolok sekali diselimuti air sedangkan planet lain tentu tidak. Memang 70 % dari bumi adalah air.  Statistik mengatakan bahwa 97 % dari air berada di samudera. Selain itu samudera sangat vital karena menjadi tempat makan bagi 50 % spesies di Bumi.  Sekitar 70 % aktivitas vulkanik bumi juga terjadi di lautan dan samudera.

Namun tahukah anda bahwa 95% dunia bawah laut itu masih berupa misteri? So 95 % dunia bawah laut belum terjamah manusia! Sebenarnya ilmu pengetahuan saat ini baru menguak 5 % saja dari keanehan-keanehan yang ada di samudera bawah sana. Banyak hal-hal baru yang membuat manusia takjub dan terperangah.  Siapa sangka di dalamnya laut-laut dan samudera-samudera di sekitar Indonesia bisa terdapat banyak Gunung api bawah laut?

Berbeda dengan gunung api di daratan yang bisa diamati maka gunung-gunung di lautan ini nyaris tidak dapat terdeteksi aktivitasnya. Bencana yang mengancam pun masih misteri. Tidak terduga-duga manusia bisa kena efek letusannya.  Manusia hanya bisa berharap dan berdoa agar dijauhkan dari marabahaya. Manusia juga bisa mencari tahu dengan akalnya agar misteri bawah samudera segera tersingkap.

Gunung Api Bawah Laut di Palung Sunda? Terbesar Diameternya (penemuan 2009)

Tim riset Indonesia, AS & Perancis menemukan gunung api bawah laut di Palung Sunda pada bulan Mei 2009 lalu. Tim ini beranggotakan para ahli geologi dari BPPT, LIPI, ESDM, CGGVeritas dan IPG (Institue de Physique du Globe, Paris). Tim ini sebenarnya memetakan bawah laut sebelah barat Sumatera untuk tujuan memahami lebih baik peristiwa terjadinya tsunami. Namun tidak terduga ditemukan sebuah gundukan besar di sana. Lokasi penemuan berada di Palung Sunda persisnya di sebelah barat daya Sumatera, 330 Km (205 miles) dari Bengkulu. Gunung api ini terletak pada kedalaman 5,9 Km (5900 m). Puncaknya berada di kedalaman 1.280 meter di bawah permukaan laut. Diameter gundukan gunung ini diperkirakan sekitar 50 Km (30 miles). Ketinggian gunung 4600 m (15.000 feet)

Menurut Surono, Kepala PVMBG ESDM, Gunung api yang terletak di barat Pulau Sumatera itu belum membahayakan. Para peneliti masih meriset tingkat keaktifan gunung api ini. Penemuan tersebut masih bersifat informasi sehingga gunung api ini tidak termasuk dalam daftar 129 gunung api di Indonesia. Menurut beliau tanda-tanda aktif atau tidaknya suatu gunung api bawah laut dilihat dari material yang dikeluarkan dari gunung baik material padat, cair atau lava. Biasanya ada buih berasap dari gunung aktif. Bila tidak ada materialnya maka dipastikan itu adalah gunung mati.

Gunung Api Bawah Laut Sulawesi Tertinggi di Dunia (penemuan 2010)

Ekspedisi yang menemukannya dilakukan berdasarkan dugaan aktivitas hidrotermal pada tahun 2003 dan data satelit pada tahun 2004. Menurut data terjadi penemuan gunung baru ini sekitar bulan Juli 2010. Gunung yang dinamai Kawio Barat ini ditemukan oleh tim "Okeanos Explorer", sebuah kapal penjelajah  yang mempelajari dasar laut dan samudera.  Versi Badan Kelautan Amerika mengatakan gunung ini setinggi 3800 m  (10.000 feet) dari dasar laut (versi lain mengatakan 3000 m tingginya). Ini merupakan gunung tertinggi keempat di Indonesia.

Tim yang menemukannya merupakan gabungan dari Tim riset AS dan Indonesia. Ekspedisi ini berakhir 14 Agustus 2010. Jim Holden  (Ahli Mikrobiologi Universitas Massachusets) sebagai ketua tim peneliti menyatakan bahwa gunung api ini menjadi gunung api bawah laut tertinggi di dunia yang pernah ditemukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan