Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Administrasi - Swasta

life through a lens.. = Selamat datang September ceria... =

Selanjutnya

Tutup

Raket Artikel Utama

Laver Cup 2022 Dimulai, Tim Eropa atau Tim Dunia yang Bakal Juara?

23 September 2022   18:57 Diperbarui: 24 September 2022   17:00 138 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Trofi turnamen Laver Cup 2022 yang diadakan di London, Inggris pada 23-25 September 2022. Sumber: Adam Glanzman/Getty Images 

Turnamen tenis Laver Cup 2022 telah dimulai. Turnamen tenis khusus putra yang digelar di lapangan keras tersebut mempertemukan dua tim yaitu "Team Europe" (Tim Eropa) dan "Team World" (Tim Dunia).  

Kedua tim akan bertanding pada 23 hingga 25 September 2022 di venue "The O2 Arena" di kota London, Inggris. Lokasinya berada di Greenwich Peninsula di selatan kota London.

Sebagai informasi, turnamen Laver Cup diinisiasi oleh petenis Swiss Roger Federer dan diadakan sejak tahun 2017. Penyelenggara turnamen adalah TEAM8 (perusahaan agen olahraga milik Roger Federer), Jorge Paulo Lemann (miliuner dan mantan petenis Brasil) dan Tennis Australia.

"The O2", tempat berlangsungnya Laver Cup 2022. (sumber foto: Kev / Pxabay)
Turnamen Laver Cup dirancang tidak menetap di suatu venue di suatu kota melainkan diadakan di berbagai kota di seluruh dunia. Laver Cup pertama di tahun 2017 diadakan di kota Praha, Ceko. Tahun-tahun berikutnya diadakan di Chicago, Amerika Serikat (AS); Jenewa Swiss; dan Boston, AS, kecuali tahun 2020 vakum karena pandemi COVID-19.

Nama turnamen merujuk pada petenis legendaris Rod Laver dari Australia. Turnamen tersebut dimaksudkan untuk menghormati mantan petenis di Era Amatir dan Era Terbuka yang kini telah berusia 84 tahun.

Laver adalah mantan petenis nomor satu dunia pemegang 20 gelar grand slam baik tunggal putra (11 gelar), ganda putra dan ganda campuran. Ia pernah menyapu bersih semua gelar grand slam di tahun 1962 dan 1969. Selain itu, Laver pernah menjadi ujung tombak Australia dalam turnamen Davis Cup dan ikut mengantarakan negaranya menjadi juara di tahun 1959-1962 dan 1073.

Saat ini Laver telah berada di London untuk mendukung turnamen tersebut. Begitu pula seluruh petenis yang hendak mengikuti turnamen tersebut juga telah berada di London. Ada serangkaian acara yang mereka hadiri sebelum turnamen berlangsung.

Trofi Laver Cup. (sumber foto: SportsHubNet)
Trofi Laver Cup. (sumber foto: SportsHubNet)

Tim Eropa dan Tim Dunia, siapa saja mereka?

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Eropa adalah gudangnya petenis terbaik dunia. "Big Three" yang terdiri dari Roger Federer (Swiss), Rafael Nadal (Spanyol) dan Novak Djokovic (Serbia) semuanya dari Eropa. Bahkan "Big Five" dengan tambahan Andy Murray (Inggris) dan Stanislas Wawrinka (Swiss) juga dari Eropa.

Dalam peringkat ATP per 19 September 2022, peringkat 1 hingga 10 dihuni oleh petenis Eropa. Sedangkan di Top 20, petenis Eropa mendominasi dengan 17 petenis sementara tiga petenis lainnya bukan dari Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan