Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Administrasi - Swasta

life through a lens.. = Selalu patuhi protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Salam sehat selalu! =

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Perpustakaan Oodi, Surga Pengetahuan Kekinian di Kota Helsinki

19 Mei 2022   13:15 Diperbarui: 19 Mei 2022   19:15 180 15 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gedung Perpustakaan Oodi ketika musim dingin. (sumber: Parametric-Architecture.com)

Beberapa tahun lakangan ini ada sebuah semangat yang tumbuh di sejumlah negara, yaitu membangun gedung perpustakaan moderen. Negara-negara seperti Amerika Serikat, China, Jepang, serta sejumlah negara di Eropa seakan berlomba membangun gedung perpustakaan yang megah, cantik, unik dan ikonik.  

Salah satu perpustakaan baru itu ada di kota Helsinki, Finlandia. Sebuah gedung perpustakaan megah bergaya moderen mewarnai kehidupan warga ibukota negara tersebut sejak akhir tahun 2018.

Nama perpustakaan tersebut adalah Perpustakaan Pusat Helsinki yang lebih dikenal dengan nama "Oodi". Dalam bahasa Finlandia, oodi artinya ode. Dalam bahasa Indonesia, maknanya adalah sajak lirik untuk menyatakan pujian terhadap seseorang, benda, peristiwa yang dimuliakan, dan sebagainya. (sumber: KBBI)

Nama itu terpilih karena singkat dan gampang diingat oleh warga lokal maupun pengunjung dari mancanegara. Selain itu juga dinilai pas dalam rangka memperingati 100 tahun kemerdekaan Finlandia. (sumber: OodiHelsinki)

Perpustakaan Oodi resmi dibuka pada 5 Desember 2018, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Finlandia. Bangunan perpustakaan seluas kira-kira 17.250 meter persegi itu menggabungkan nuansa arsitektur tradisional dan kontemporer yang megah, artistik, sekaligus futuristik.

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan kota, bukan perpustakaan nasional. Namun kemegahan dan keunikan bangunannya mungkin bisa disejajarkan dengan bangunan perpustakaan nasional. Sebagai informasi, gedung Perpustakaan Nasional Finlandia berada di lingkungan Universitas Finlandia.

Orang mungkin akan mengira bangunan Perpustakaan Oodi adalah sebuah mal, galeri seni atau mungkin gedung opera. Bentuk gedungnya memang unik dan eye-catching, memadukan warna kuning kayu dan putih. Selama musim dingin, salju di sekitar gedung membuat gedung tampak lebih menawan.

Di sekitar Perpustakaan Oodi terdapat Museum Seni Kotemporer Kiasma dan Pusat Musik Helsinki. Tak heran karena lokasinya berdekatan dengan bangunan-bangunan bernuansa seni tersebut, rancangan gedung Oodi dirancang seartistik mungkin dengan tetap mengedepankan aspek fungsionalitas bangunan.

Gedung perpustakaan Oodi berada di pusat kota, berseberangan dengan Gedung Parlemen Finlandia (atau Eduskuntatalo dalam bahasa Finlandia). Alamat lengkapnya adalah Tlnlahdenkatu 4, 00100, Helsinki, Finlandia.

Pengunjung dapat mencapai perpustakaan ini dengan mudah. Dari "Helsingin prautatieasema" atau stasiun kereta api pusat Helsinki dan terminal bus "Elielinaukio", pengunjung bisa menempuhnya dengan berjalan kaki. Pengunjung yang datang dari bandara Helsinki-Vantaa International bisa menumpang bus 415 dan turun di terminal bus tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan