Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Swasta

life through a lens..

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Huruf "V" dalam Merek Membawa Hoki?

20 September 2019   13:55 Diperbarui: 21 September 2019   03:39 0 5 2 Mohon Tunggu...
Huruf "V" dalam Merek Membawa Hoki?
ilustrasi (sumber: TMN - TheMorningNews.org)

Huruf "V" adalah salah satu abjad Latin modern ke-22. Penggunaannya dalam kata Bahasa Indonesia sangat jarang, sebagaimana gugusan huruf terakhir lainnya yaitu "W", "X" dan "Y" dan "Z".

Pengucapan huruf "V" melibatkan bibir dan gigi. Caranya dengan melipat bibir bagian bawah dan menahannya dengan gigi atas, diiringi dengan getaran pita suara. 

Secara bersamaan bibir dilepaskan dari gigi, yang akan menimbulkan desis yang menyuarakan huruf tersebut. Posisi bibir biasa saja atau dimoncongkan sama-sama bisa melafalkan huruf tersebut.

Tidak perlu banyak energi mengucapkan huruf "V" ataupun melafalkan kata yang mengandung huruf "V". Bahkan dengan berbisik saja kita dapat melafalkan kata-kata yang mengandung huruf "V". 

Semua bahasa yang memiliki huruf tersebut melafalkannya dengan cara yang sama. Perbedaannya hanya bunyi yang keluar, ada yang "ve" atau "vi".  

Dalam bisnis, huruf "V" ternyata punya keistimewaan tersendiri khususnya penggunaannya di awal kata brand atau merek. Merek yang berawalan huruf "V" sepertinya punya aura tersendiri yang membuat merek tersebut dapat melekat kuat dalam benak konsumen.

Meski belum ada penelitian khusus tentang hal ini, nyatanya ada sejumlah merek yang menggunakan huruf ini sukses secara komersial. Khususnya merek yang menggunakan huruf "V" di awal kata merek. Huruf "V" juga relatif fleksibel ketika dituangkan dalam logo merek.

Bisa dibilang huruf "V" adalah huruf pembawa hoki alias huruf yang membawa keberuntungan. Tidak percaya? Mari kita bahas beberapa merek terkenal yang sudah membuktikan kekuatan huruf "V".

***

Anda pasti sudah familiar dengan merek Vivo. Ya, brand gawai keluaran BBK Electronics Corporations, China itu kini menjadi salah satu brand paling sukses di seluruh dunia. Selain Vivo, BBK juga memproduksi Oppo, OnePlus, Realme dan imoo, merek gawai lainnya yang juga lumayan sukses.

Data dari Counterpoint, firma analisis industri global yang berbasis di Hong Kong, menyebutkan bahwa di kuartal kedua tahun 2019 lalu, Vivo meraih market share 7,5%, naik 0,2% dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2018. Posisinya di urutan 6.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x