Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Swasta

life through a lens..

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Tetap Sehat dan Panjang Umur Hingga Usia 100-an Tahun ala Warga "Blue Zones"

23 Agustus 2019   14:28 Diperbarui: 24 Agustus 2019   02:01 0 5 3 Mohon Tunggu...
Tetap Sehat dan Panjang Umur Hingga Usia 100-an Tahun ala Warga "Blue Zones"
ilustrasi sepasang manula (sumber: Huffpost.com)

Siapa yang tidak ingin panjang umur? Setiap orang pasti ingin hidup lebih lama dari usia rata-rata manusia, yang menurut WHO adalah 72 tahun. Selain ingin berumur panjang, setiap orang juga pasti ingin sehat jasmani dan rohani serta hidup makmur di usia lanjut.

Betapa bahagianya bila tubuh tetap sehat walau telah menjadi manusia usia lanjut atau manula. Sejumlah aktivitas masih mampu dilakukan sepanjang hari dan tetap fit. Mau jalan-jalan ke luar kota, siap. Ke luar negeri, ayo saja. Kesehatan di sepanjang hidup kita saat ini hingga tetap sehat di kala manula adalah hal yang harus kita syukuri.

Baru-baru ini BBC Reel menayangkan video menarik berjudul "Simple steps that could help you live to 100". Tayangan video tersebut menginformasikan upaya kota Naples di negara bagian Florida, Amerika Serikat yang sedang mengimplementasikan gaya hidup sehat kepada warganya agar mereka hidup sehat dan berumur panjang.

Pemerintah setempat sangat mendukung program tersebut, diantaranya dengan membenahi sejumlah fasilitas publik. 

Misalnya, sejumlah sekolah memulai kegiatannya lebih pagi agar dapat memberi kesempatan anak-anak bermain sebelum kelas dimulai. Ruas jalan raya juga dibenahi dengan menambah sejumlah pedestrian dan jalur sepeda.

Banyak pihak mendukung program ini dengan berbagai cara. Kantor-kantor perusahaan turut berpartisipasi dengan memberikan reward tertentu bagi staf yang aktif bergerak selama waktu istirahat.

Toko-toko juga dilibatkan untuk mendukung program ini antara lain dengan menjual bahan makanan sehat. Begitu juga restoran menyediakan menu makanan berbahan dasar tumbuh-tumbuhan.

Pemerintah kota Naples menghendaki setiap warganya terlibat dalam program ini. Sebagai informasi, kota ini memiliki tingkat harapan hidup yang cukup tinggi, bahkan tertinggi di seluruh Amerika Serikat. Trennya juga semakin meningkat. 

Berdasarkan informasi dari USA Today, Hawaii adalah negara bagian dengan tingkat harapan hidup tertinggi yaitu 81,3 tahun. Disusul California 80,9 tahun. Kota Naples, menurut sang walikota, Bill Barnett, lebih tinggi lagi yaitu sekira 83,1 tahun.

Sang walikota sendiri usianya sudah menginjak 78 tahun. Ia baru saja menjadi walikota Naples untuk yang keempat kalinya dan bersiap mengikuti pemilihan kembali tahun 2020 nanti (sumber). Barnett yang tergolong manula nampaknya menjadi representasi program kota yang ingin warganya hidup sehat dan berumur panjang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
KONTEN MENARIK LAINNYA
x