Mohon tunggu...
Garuda mudaindo01
Garuda mudaindo01 Mohon Tunggu... Internet Marketer

Penulis, Freelancer

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengenal Kentang Yang Memiliki Sejarah Penting

15 Februari 2020   13:55 Diperbarui: 15 Februari 2020   13:57 6 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Kentang Yang Memiliki Sejarah Penting
Mesinindustrimurah Blog

Mengenal Kentang Yang Memiliki Sejarah Penting -- Kentang setiap hari bisa dapat kita konsumsi, Dan kandungan yang terdapat kentang ini ada karbohidrat yang bisa menggantikan nasi. Selain memiliki manfaat dan dapat dikonsumsi, Kentang juga memilih sejarah pada zaman dulu. Selain itu kentang ternyata sudah dikenal banyak orang dari ratusan tahun yang lalu. Pada saat itu memang kentang belum tersebar luas di berbagai Negara, Untuk tempat tumbuhnya saja masih terbatas di daerah dingin. Setelah disebarkan di daerah sub tropis dan pada akhirnya sampai pada daerah aropis.

Perpindahan dari benua ke benua lain memang bukan proses yang cepat, disitupun juga melampaui banyak tahapan. Disini Columbus bukan hanya menjadi pedagang benua. Ternyata dia juga menjadi pengembara terbesar dalam peradaban manua, Dia mampu menembus dan menguak sejarah baru kalau bukan pasti kentang. Berkat dari Columbus si pengembara ini kentang sudah menyebar dimana-mana. Karena semua kentang tersebut hanya tumbuh di sebagian amerika selatan.

Menyebar Ke Amerika Selatan

Mesinindustrimurah Blog
Mesinindustrimurah Blog
Ternyata kentang yang tumbuh tersebut memang berasal dari amerika selatan yang merupakan induk kentang. Pada awalnya kentang tersebut hanya dikira kentang liar karena jenis tidak diketahui. Lalu kentang tersebut menyebar ke daerah benua eropa. Selain itu ada yang mengatakan bahwa kentang ditemukan pertama kali di eropa yang merupakan kentang solanum. Ada juga yang mengatakan bahwa kentang tersebut berawal dari dataran tinggi yang berada di peru, chili dan meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan pada bangsat spanyol dari peru ke eropa pada tahun 1565.

Masuknya Kentang Ke Indonesia

Selain benua amerika dan eropa telah mendapatkan pesebaran kentang, Indonesia juga dicatat dalam kentang yang masuk ke Indonesia tersebut. Pada awalnya pada tahun 1600. Kentang tersebut di bawah oleh pedagang portugis yang membawanya ke indonesua. Setelah pada tahun 1700 penanaman luas mulai ditemukan di daerah bandung, cimahi, padang, aceh, Palembang dan masih banyak lagi. Portugin memang sangat berpedan dalam memperkenalkan kentang ke Indonesia.

Mulai Menyebar ke Benua Asia

Setelah menyebar ke Indonesia, kentang juga menyebar ke Negara india di wilayah barat sungai gang pada tahun 1700. Lalu untuk wilayah india utara membubidayakannya pada tahun 1820. Setelah itu india juga menembusnya ke wilayah Tibet, Bhutan, Kashmir dan Nepal. Sedangkan cana memperkenalkan kentang ini kepada hindia belanda pada tahun 1700.

Setelah menyebarnya di hindia belanda rusia pun juga menyusul untuk memperkenalkan kentang pada cina, terutama pada bagian utara. Lalu ikutnya jepang mengenalkan kentang pada tahun 1600. Bahwa ada yang mengatakan kalau umbi tersebut berasal dari jawa yang memasuk abad XVII yang menjelang ke XVII, Jepang pun berhasil mengembangkannya dengan pesat. Secara bersamaan Negara Persia pun ikut juga mengenal umbi tersebut, pada beberapa puluh tahun suriah juga memperkenalkan umbi tersebut kepada turki.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x