Mohon tunggu...
garis miring
garis miring Mohon Tunggu... Saat Garis miring menjadi penting

penulis yang menulis

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Tetap Tenang, Masyarakat Papua Tak Perlu Terpengaruh Isu 1 Desember

27 November 2019   13:11 Diperbarui: 27 November 2019   13:32 15 0 0 Mohon Tunggu...

Segenap elemen warga Papua dihimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa menjelang 1 Desember 2019. Pesan ini disampaikan oleh Komandan Korem (Danrem) 172/PW, Kolonel Inf J Binsar P Sianipar.

Hingga saat ini,  aparat keamanan terus bekerja menjaga kondusifitas Papua, dan masyarakat sebaiknya jangan terpengaruh dengan berbagai isu yang membuat perpecahan.

Yang jelas, Papua merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Papua tidak berbeda dengan Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Sehingga, sudah seharusnya isu HUT OPM pada 1 Desember tidak perlu ditanggapi, atau membuat kegaduhan yang dapat menimbulkan persoalan dan menjadi perpecahan sesama anak bangsa.

Sebaiknya seluruh warga Papua tetap beraktivitas seperti biasa, serta tidak perlu mengikuti ajakan yang menghasut dan membuat persoalan.

Pesan ini patut disebarluaskan mengingat Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), sudah menyebarkan provokasi dengan menyatakan perang pada 1 Desember, bertepatan dengan HUT mereka.

Kita sebaiknya tak perlu terpengaruh dengan provokasi tersebut. Adu domba yang memecah belah masyarakat seperti itu hanya akan menguntungkan pihak-pihak yang mengadudomba.

Tak ada keuntungan sedikit pun dari adanya perpecahan atau konflik antar sesama, kecuali pilu nestapa yang akan diperolehnya. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan masyarakat Papua dan bangsa Indonesia.

VIDEO PILIHAN