Mohon tunggu...
Garin Nanda
Garin Nanda Mohon Tunggu... Freelancer - @garinnanda_

Mengemas sebuah cerita jadi lebih bermakna.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenal Diving dan Jenisnya dalam Sepak Bola

24 Juli 2022   10:15 Diperbarui: 24 Juli 2022   10:22 208 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selebrasi Neymar usai cetak gol melawan FC Lorient di kompetisi Ligue One pada 31 Januari 2021 (source: Getty Images)

Istilah diving dalam dunia sepakbola sudah sangat sering sekali terdengar. Tindakan yang dianggap kontroversial ini juga tak jarang dianggap sebagai seni dalam sepakbola. Ketika seorang pemain bisa melakukannya dengan baik, maka itu akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi tim yang dibelanya. Akan tetapi, sekali lagi, hal itu banyak dikritik oleh sejumlah pihak karena dinilai telah mencederai sportivitas dalam sepakbola.

Lalu apa yang dimaksud dengan "diving" dalam sepakbola?

Diving merupakan istilah yang sering digunakan kepada pemain yang secara sengaja menjatuhkan badan atau berpura-pura cedera meski hanya terkena sedikit kontak dari lawan. Diving sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mendapat keuntungan berupa tendangan bebas atau memberi hukuman kepada kubu lawan yang dianggap melakukan pelanggaran.

Meski saat ini sudah ada beragam teknologi dalam sepakbola, wasit tetap dituntut untuk memberikan keputusan singkat ketika terjadi pelanggaran yang dianggap diving. Apalagi ketika itu terjadi di dalam kotak penalti lawan. Dalam beberapa kasus, seorang pemain yang lihai melakukan diving sering mendapat keuntungan, sekaligus menimbulkan kekesalan pada kubu lawan.

Tindakan diving biasanya dilakukan oleh para pemain yang tengah berada dalam posisi tertinggal dan ingin mendapatkan keuntungan secepat mungkin. Cara ini dianggap sebagai jalan pintas bagi mereka untuk mengejar ketertinggalan, atau bahkan ketika ingin memenangkan sebuah pertandingan.

Siapa Saja Pemain Yang Sering Melakukan Diving?

Sejauh ini, sudah banyak sekali pemain yang lekat dengan istilah diving. Itu terjadi karena mereka kerap melakukan tindakan curang tersebut dalam sebuah pertandingan. Penyerang asal Brasil, Neymar Jr, disebut sebagai raja diving saat ini. Terlebih bila melihat aksinya di ajang Piala Dunia pada tahun 2018 lalu.

Neymar yang memang punya skill mumpuni mampu dengan mudah mengontrol dan memainkan bola. Namun di sela-sela dia memainkan si kulit bundar, tidak jarang tindakan diving sering dilakukan. Aksi Neymar tersebut kemudian dianggap sangat kontroversial karena respon sang pemain yang terlalu berlebihan. Pria yang kini membela Paris Saint Germain tersebut seringkali jatuh sampai berguling-guling atau bahkan terkapar tanpa sebab, meski sentuhan yang diberikan pemain lawan sama sekali tidak membahayakan.

Saking seringnya melakukan diving, Neymar sampai membuat kesal pelatih Meksiko saat itu, Juan Carlos Osorio. Sang pelatih terus mencaci Neymar dan menyebut bahwa dirinya menjadi penyebab dari kekalahan timnya.

"Ini benar-benar memalukan bagi sepakbola,"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan