Mohon tunggu...
Garin Nanda
Garin Nanda Mohon Tunggu... Freelancer - @garinnanda_

Mengemas sebuah cerita jadi lebih bermakna.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenal Archibald Leitch, Tokoh Penting dalam Pembangunan Stadion Megah di Inggris

5 Maret 2022   16:00 Diperbarui: 5 Maret 2022   16:04 541 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Twitter/THFCAHISTORY

Stadion sepakbola, saat ini, menjadi sesuatu yang banyak dilirik oleh para penggemar. Selain terdapat banyak sejarah tercipta, stadion tertentu juga menyimpan kenangan tersendiri bagi mereka yang pernah menginjakkan kaki disana.

Bicara tentang stadion sepakbola, dahulu, seperti yang dipaparkan Four Four Two, kebanyakan masih menggunakan lapangan biasa dengan tribun yang hanya terbuat dari kayu dengan ketinggian yang sedikit melebihi lapangan yang digunakan. Namun jangan bayangkan bila tribun stadion zaman dahulu sudah memiliki bentuk seperti sekarang.

Ketika itu, tribun penonton hanya sebatas latar, dimana orang-orang yang tertarik untuk menonton langsung pertandingan sepakbola diharuskan untuk berdiri. Semua stadion memiliki bentuk yang sama, yang membedakan hanya kapasitasnya saja.

Seiring berjalan nya waktu, stadion sepakbola yang tersebar di Inggris mengalami perubahan, khususnya di bagian tribun penonton. Hal itu dimaksudkan agar stadion bisa menampung lebih banyak penonton dengan susunan yang rapi.

Satu sosok yang kemudian disebut sebagai aktor di balik lahirnya stadion megah di Inggris adalah Archibald Leitch.

Profil dan Perjalanan Karir Archibald Leitch

Archibald Leitch merupakan pria yang lahir di Glasgow pada 27 April 1865. Dia adalah anak seorang pandai besi yang memiliki hidup pas-pasan. Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat Leitch untuk terus berkembang. Dia tetap bisa pergi ke sekolah dan menimba ilmu sebanyak yang dia bisa.

Setelah merampungkan pendidikannya di bangku sekolah, Leitch bekerja di Duncan Stewart and Company. Selain itu, dirinya juga sempat menjadi teknisi kapal laut pada 1887, sebelum akhirnya kembali ke Skotlandia pada 1899.

Dari sinilah, petualangan arsitekturnya dimulai. Tepat setelah dia mendirikan perusahaan Archibald Leitch Factory Architect and Consulting Engineer, sebuah tawaran untuk mendirikan stadion datang. Klien pertama nya ketika itu adalah klub Glasgow Rangers, yang meminta Leitch untuk mendirikan stadion Ibrox Park, yang sekarang bernama Ibrox Stadium.

Karena memang sudah terbiasa menonton pertandingan sepakbola, dan secara kebetulan dia merupakan penggemar berat Glasgow Rangers, tawaran yang datang dari klub tercintanya itu tentu tidak akan ditolaknya.

Dengan penuh semangat dan perasaan menggebu, Leitch mulai merancang stadion Ibrox. Dia yang sebelumnya belum pernah membuat stadion dengan tribun modern pun mencoba mengerahkan seluruh kemampuannya. Dengan kapasitas awal 20 ribu penonton, Leitch diminta klub agar stadion tersebut bisa menampung sebanyak 40 ribu penonton.

Dengan bentuk oval, lengkap dengan tembok di sekelilingnya, Leitch sejatinya berhasil merampungkan proyek tersebut. Sayangnya, setelah kapasitas stadion diminta untuk ditambah menjadi dua kali lipat, Leitch mengalami sebuah kejadian yang tak akan pernah dilupakan sepanjang masa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan