Mohon tunggu...
Rajawali Parket Indonesia
Rajawali Parket Indonesia Mohon Tunggu... Arsitek - Arsitektur

Informasi Lengkap Mengenai Material Kayu

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Musim Banjir Tiba, Ini Langkah Membersihkan Lantai Kayu dari Genangan

28 November 2022   14:19 Diperbarui: 28 November 2022   14:29 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mungkin jika membahas perihal banjir, maka akan identik dengan jakarta. Tapi, kini bencana banjir kian merambah banyak keseluruh kawasan di Indonesia. Bahkan, jika musim banjir tiba, banyak kerugian yang diterima akibat rumah terendam banjir. 

Mulai dari harta benda yang terbawa, kerusakan furniture, hingga area lantai yang berlumur. Apalagi, jika kamu menggunakan Lantai kayu sebagai material lantainya, lalu apakah akan berdampak buruk bagi lantai kayu? 

tentunya kamu perlu mengetahui beberapa tips Membersihkan lantai kayu setelah banjir, agar lantai kayu tidak mengalami pelapukan, jamuran, hingga patah pada parquetnya, jadi bagaimana cara membersihkan lantai kayu setelah banjir? berikut informasinya : 

Cara Membersihkan Lantai Kayu dari Banjir

1. Membersihkan Lumpur dari Lantai Kayu

Salah satu akibat dari bencana banjir yakni, lumpur basah yang mengenang diarea permukaan. Tentunya, lumpur tersebut mampu membuat permukaan lantai menjadi kotor dan licin. 

Salah satu cara optimal untuk menjaga lantai kayu dari lumpur yakni, dengan membersihkannya. Tentunya cara membersihkannya, dengan menggunakan air dan mengeringkannya dengan cepat, siapkan ember dan lap basah dan kering. 

Peras lap basah kotor hingga bersih, lalu bersihkan lagi hingga lantai kayu terlepas dari lumpur, setelah dirasa lumpur hilang, maka lakukan pengeringan dengan menggunakan dry vacum atau lap kering, agar lantai kayu tidak lembab dan tidak menyebabkan tumbuhnya jamur

2. Membuka sirlukasi Udara 

Cara merawat lantai kayu setelah banjir yakni dengan membuka semua pintu dan jendela, atau sirkulasi yang ada di ruangan tersebut, hal ini dilakukan untuk memperlancar sirkulasi udara.  

Lalu, membuat cahaya matahari masuk kedalam rumah, sehingga proses pengeringan dari lumpur akan cepat kering, dan lantai kayu akan terjaga dari suhu yang ekstream.

3.  Melapisi lantai kayu dengan lapisan khusus

Jika dirasa banjir sudah berhenti, dan tidak ada genangan air yang masuk kembali, cara terbaik yang perlu kamu lakukan yakni dengan menggunakan lapisan coating atau lapisan khusus lantai kayu untuk menangkal rayap, dan jamur pada lantai kayu. 

Tentunya hal ini dirasa wajar, sebab lantai kayu yang terkena genang banjir akan lebih mudah mengalami pelembaban, tentunya dengan menggunakan lapisan khusus anti jamur, maka lantai kayu akan kembali stabil, dan tahan lama hingga puluhan tahun. 

4. Mengganti Lantai Kayu yang Baru

Jika dirasa, beberapa lembaran sudah terangkat karena efek dari banjir, kamu tak perlu khawatir sebab kamu bisa memesan beberapa lembaran kayu solid, atau memesan seluruh lantai kayu untuk diganti. 

Baca Juga Berikut Daftar Lantai Kayu Terbaru, lebih kuat dan Tahan Aiar ( Ada Promo )!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun