Mohon tunggu...
Ganies esa
Ganies esa Mohon Tunggu... Mahasiswa ilmu komunikasi Stahn mpu kuturan singaraja

-Collage student -Youtuber -banyuwangi, jawa timur, indonesia

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pengaruh "Video Viral" terhadap Aktivitas Sosial media Publik

30 Januari 2021   22:17 Diperbarui: 30 Januari 2021   23:21 74 2 0 Mohon Tunggu...

Dimasa pandemi ini, tidak bisa dipungkiri aktivitas sosial media semakin meroket. AJPI mengatakan ahwa aktivitas penggunaan sosial media meningkat sejauh 30 %. Aktivitas sosial media tentu saja memiliki berbagai fungsi entah itu untuk kepentinien gan Bisnis, pendidikan, dan Hiburan. dalam tiga kepentingan tersebut, Nitizen dominan mengakses sosial media untuk dunia hiburan. 

Dapat dilihat dari mencuatnya berbagai konten yang trending di sosial media baik itu youtube, instagram dan tiktok adalah konten yang berbau hiburan. Dapat dibuktikan per Tanggal 30 januari 2021 dari peringkat 1 - 10 yang masuk ke trending youtube adalah konten yang berbau hiburan. Konten  - konten yang berbau sensasi, kontroversi bahkan porno aksi selalu mnduduki kasta teratas. 

Ahkir - ahkir ini dalam dunia sosial media kita tidak asing dengan kata - kata  viral. viral adalah sesuatu yang berhubungan dengan internet yang artinya adalah untuk menggambarkan sesuatu yang sangat cepat menjadi populer di kalangan pengguna internet dengan cara mempublikasikan atau mengirim email,ke orang-orang. Misalkan foto, video atau cuplikan informasi. 

Dalam kurun waktu satu tahun terahkir Sesuatu yang viral di jagad sosial media sering kita jumpai. Kita ambil sample dari tahun 2020 - 2021 sudah hampir 15 video viral atau lagu yang viral, yang muncul dari berbagai sosial media baik intagram, youtube dan Tik tok.

Sesuatu yamg mungkin hampir dari berbagai usia Nitizen sebagai pengguna sosial media pasti mengetahui Video viral " Odading mang oleh ". Dapat dibuktikan ketika penulis ( saya ) menanyakan ke anak - anak sd sampai tetangga penulis yang usianya sudah berkepala empat hampir semuanaya mengetahui. 

Yang menjadi pertanyaan bagaimana pengaruhnya terhadap aktivitas publik ? perlu kit sadari bahwa video viral memiliki pengaruh yang luar biasa bagi penontonya untuk mengikuti atau menjadikan apa yang di bahas di video tersebut menjaadi bahasan publik sehari- hari. 

Salah satu contoh dalam kasus video " Odading mang oleh " yang menjadi video itu viral dan menarik adalah kata - kata kontroversial dan unik. yaitu " rasanya seperti anda menjadi iron-man, odading mang oleh rasanya anjing banget ". Secara otomatis kata - kata " Anjing banget " akan menjadi booming dan muncul dalam berbagai pembicaraan disosial media atau dunia nyata.

Dari hal tersebut dapat dilihat betapa besarnya pengaruh video viral terhadap mindset kita. Video viral tersebut memicu publik untuk membuat video yang kontroversial dan unik, sehingga bisa menjadi viral. dari segi komunikasi kosakata anjing banget bisa menjadi tren bahasa kaum mlenial.

 Bentuk komunikasi diruang publik melalui kolom komentar video balasan, video cover, bahkan video rivew semua membahas sesuatu yang bisa dikatakan kurang etis dan tidak ada nilinya.

 Hal yang dapat kita pelajari video viral yang tidak mengandung nilai, membuat literasi yang didapat oleh publik menjadi ke arah negatif atau kosong. karena video viral bisa muncul dipermukaan maya dalam rentan waktu mingguan dan bulanan. jika kita larut maka selam itu sosial media kita akan meberikan literasi yang tidak baik.

VIDEO PILIHAN