Mohon tunggu...
Gama Bagus Galistan
Gama Bagus Galistan Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - 130020118120020 - Sastra Inggris

Mahasiswa KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Undip Ini Lakukan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Video Interaktif untuk Edukasi di Masa PPKM

4 Agustus 2021   15:44 Diperbarui: 4 Agustus 2021   23:03 68 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Ini Lakukan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Video Interaktif untuk Edukasi di Masa PPKM
Video Edukasi 

Kabupaten Semarang (22/7). Dalam rangka mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Diponegoro melakukan program KKN yang dinamai KKN Pulang Kampung. KKN pulang kampung ini merupakan KKN yang dilakukan di kediaman masing-masing mahasiswa, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang masih melanda Indonesia. KKN TIM II dilaksanakan pada tanggal 30 Juni sampai tanggal 12 Agustus 2021 dengan mengusung tema “Optimalisasi Potensi Sumber Daya di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Menyongsong Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” dan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19. KKN pulang kampung ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat daerah yang diangkat dari permasalahan di masyarakat.

Pembuatan Video Edukasi
Pembuatan Video Edukasi

Diberlakukannya PPKM darurat oleh pemerintah di daerah Jawa dan Bali telah mengakibatkan pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring. Tidak terkecuali di daerah RW 12 Kelurahan Kupang, Kecamatan Ambarawa yang dinyatakan sebagai zona merah dan tidak dapat melakukan pembelajaran di sekolah. Para siswa yang menjalani kegiatan belajar mengajar melalui daring akan memiliki waktu luang selagi mengikuti pembelajaran dari sekolah, oleh karena itu dilakukan pembuatan video interaktif yang menarik dan mengedukasi pembelajaran Bahasa Inggris sebagai materi utama. 

Bahasa Inggris dipilih sebagai materi utama karena Bahasa Inggris merupakan bahasa yang dianggap sebagai bahasa Lingua Franca atau bahasa pengantar yang dijadikan sebagai bahasa universal oleh PBB. Setelah mengajukan usulan pembuatan Video dan diterima oleh ketua RW 12, pembuatan video ini dilakukan oleh mahasiswa, Gama Bagus Galistan, anggota KKN TIM II 2021 dari program studi Sastra Inggris.

Pembuatan video dilakukan secara individu dan disebarkan melalui WhatsApp oleh Ketua RW 12 ke kepala keluarga yang bersangkutan. Melalui video interaktif ini diharapkan siswa mampu menimbulkan ketertarikan kepada Bahasa Inggris yang akan bermanfaat pada siswa nantinya di masa depan disaat berada di jenjang perguruan tinggi dan di dunia pekerjaan.

Reporter: Gama Bagus Galistan, 13020118120020, Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya

Editor/DPL: Yanuar Yoga Prasetyawan, M. Hum

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN