Mohon tunggu...
Galuh Sulistyaningtyas
Galuh Sulistyaningtyas Mohon Tunggu... Tyas

191910501043 S1 PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pandangan Perencana untuk Pertanian Masa Depan

27 Desember 2020   16:12 Diperbarui: 27 Desember 2020   16:37 84 0 0 Mohon Tunggu...

            Pertanian masa depan adalah sebuah pertanian yang bias melepaskan diri dan tidaj ketergantungan lagi dengan pupuk organic dan mencerminkan kehidupan yang modern. Karena selama ini di pandangan masyarakat tanaman organic bernilai cukup mahal disbanding dengan tanaman biasa, hal tersebut dikarenakan perawatan yang lebih sulit dan harga mesin pembuat kompos yang cukup mahal membuat tanaman organic terasa mahal. Namun, apabila kita menerapkan pertanian masa depan, tanaman organic tidak lagi terasa mahal seperti sebelumnya.

            Selain dengan hasil tanamannya yang organic, pertanian masa depan juga bergabung menciptakan kawasan pariwisata. Sehingga pertanian tersebut dapat mendukung pariwisata sebuah kawasan. Jika ingin membuat kawasan pertanian tersebut menjadi sekaligus kawasan pariwisata, maka tanaman yang ada harusnya tidak lagi bergantung dengan musim. Sehingga setiap saat dapat dijadikan kawasan pariwisata. Selain itu hasil tani yang tidak bergantung dengan musim merupakan impian di masa depan, sehingga hal tersebut juga ternasuk ke dalam pertanian masa depan.

            Setelah mengetahui beberapa hal mengenai pertanian masa depan, lantas langkah apa yang dapat diambil sebagai seorang perencana wilayah untuk mewujudkan impian tersebut?

            Sebagai seorang perencana kita dapat turut andil dalam mewujudkan pertanian masa depan. Perencana dapat merencanakan jalan yang dapat menjangkau kawasan pertanian hingga kawasan tempat penjualan sehingga hasil tani dapat dijual dengan mudah dan dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu dengan adanya fasilitas jalan yang memadai dapat membuat hasil tani lebih segar ketika sampai ke pelanggan.

            Selain dengan membangun dan membenahi jalan yang ada, sebagai seorang planner juga dapat melakukan pembangunan sesuai dengan perda yang ada, sehingga tidak ada lagi alih fungsi lahan besar-besaran yang dapat mempengaruhi ketersediaan lahan pertanian. Dengan mematuhi peraturan mengenai fungsi lahan, maka dapat membuat pertanian masa depan terwujud. Hal tersebut dikarenakan lahan merupakan komponen terpenting dalam pertanian. 

Apabila lahan yang seharusnya dipergunakan sebagai pertanian namun malah digunakan sebagai pemukiman, hal tersebut dapat berdampak buruk. Selain itu apabila di sekitar pertanian dibangun pemukiman padat penduduk juga dapat berdampak buruk, hal tersebut dikarenakan limbah yang dihasilkan oleh manusia seperti limbah sabun saat mencuci dapat menganggu pertanian.

            Telah disebutkan sebelumnya pertanian masa depan dapat bergabung dengan pariwisata untuk menciptakan kawasan pariwisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menata kawasan tersebut sehingga menarik, dan juga harus menyediakan jalan yang baik sehingga dapat mempermudah para pendatang yang ingin menikmati suasana tersebut. Dapat pula dibangun seperti penginapan yang memiliki pemandangan kawasan pertanian, namun dengan persyaratan tidak merusak kawasan pertanian. dengan melakukan beberapa hal tersebut, dapat membuat pertanian masa depan di Indonesia terwujud.

VIDEO PILIHAN