Mohon tunggu...
Galuh Inggita
Galuh Inggita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi UAJY

Halo! Selamat membaca artikel saya :D

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Berjelajah Selama Sepekan bersama Storial.co

19 Maret 2021   07:38 Diperbarui: 19 Maret 2021   07:42 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: https://www.kanal247.com/media/konten/0000040095/4.html

Berbicara mengenai analisis sosial, tentu terdapat beberapa tahapan di dalamnya yang nantinya akan membantu memecahkan masalah pada komunitas tertentu. Beberapa diantara tahapan yang dimaksud ada kunjungan lapangan, pemilahan data, penentuan masalah, prioritas masalah, akar masalah, strategi teknik, pelaksanaan, evaluasi hingga refleksi dan konfirmasi lapangan. Sebelumnya, komunitas yang menjadi fokus utama dalam bahasan kali ini dengan topik analisis sosial adalah komunitas Storial.co. Komunitas Storial,co mungkin saat ini tak lagi asing di telinga masyarakat, terlebih di tengah pandemi seperti saat ini banyak platform yang mulai mengembangkan media untuk membaca dan menulis online. Storial.co merupakan komunitas menulis dan membaca cerita secara online dengan jumlah anggota lebih dari 200 orang.

Sesuai dengan perencanaan sebelumnya, saya dan beberapa teman saya memutuskan untuk mengadakan interview singkat melalui Zoom Meeting Conference bersama dengan Kak Melati selaku community manager dan Kak Rani selaku captain di salah satu genre pada komunitas Storial.co. Berdasarkan interview yang telah kami lakukan bersama pihak Storial.co, kami cukup banyak membahas mengenai kegiatan apa saja yang ada di komunitas ini dan apa saja yang sekiranya terjadi dalam komunitas ini. Selain itu juga, Kak Melati dan Kak Rani membagikan informasi mengenai peran mereka dan sedikit sejarah terbentuknya komunitas Storial.co ini. Sharing ini juga cenderung bersifat santai sehingga kami lebih menikmati untuk menggali data-data bersama Kak Melati dan Kak Rani yang nantinya akan berguna untuk memperoleh akar masalah.

Berdasarkan interview tersebut, saya menemukan beberapa data terkait perbedaan yang terjadi selama pandemi dan sebelum pandemi. Beberapa data tersebut sebetulnya sudah mulai memperlihatkan sedikit apa yang menjadi masalahnya, namun tentu masih ada banyak aspek yang perlu kami perhatikan selain dari interview yang telah dilakukan. Maka dari itu, saya juga memutuskan untuk kembali mengamati media sosial Instagram dari komunitas Storial.co dan juga berbagai interaksi yang dibangun dalam grup chat Whatsapp di berbagai genre seperti Puisi, K-Novel, dan Horror/Thriller. Tak lepas pula, data yang telah diperoleh tentu akan membantu saya untuk menentukan langkah selanjutnya apa yang akan saya dan kelompok lakukan yaitu pemilahan data.

Itulah beberapa kegiatan yang saya lakukan selama sepekan terakhir bersama komunitas Storial.co, yang mana masih dalam tahapan kunjungan lapangan. Tahapan kunjungan lapangan ini tentu tidak akan berhenti sampai di sini, melainkan kami akan melakukan berbagai pengamatan lagi untuk menambahkan data-data nantinya.

Kemudian, dalam menganalisis komunitas ini saya dan teman-teman lainnya juga tentu akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu pemilahan data dan menentukan apa yang sebenarnya menjadi masalah pada komunitas Storial.co. Namun, hal ini tentu tidak akan dilakukan dalam waktu dekat, karena saya merasa masih membutuhkan data-data tertentu untuk membantu saya dalam memilah data nantinya. Perencanaan tersebut nantinya juga akan didukung dengan interview dan rapat internal yang akan kami lakukan lagi bersama dengan beberapa pihak dari komunitas Storial.co dalam waktu dekat.

Penentuan masalah tentu akan menjadi aspek utama dalam analisis sosial. Hal ini tidak bisa dilakukan secara instan tentunya, sehingga saya dan beberapa teman lainnya masih ingin menggali data lebih banyak, sehingga nantinya saya dan teman-teman dapat menentukan masalah yang tepat dan memberikan solusi yang tepat. Perencanaan yang telah saya susun tentu belum tentu akan berjalan sesuai dengan rencana, namun setidaknya dengan mengikuti tahapan analisis sosial proses yang akan dilakukan akan menjadi lebih jelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun