Mohon tunggu...
Galuh Alif Fahmi Rizki
Galuh Alif Fahmi Rizki Mohon Tunggu... Wilangan EduSpace, Penggiat Desa Wisata Tinalah Kulon Progo, Pendamping UMKM DI Yogyakarta

Pengembang Portal Edukasi Wilangan EduSpace, Penggiat Desa Wisata Tinalah Kulon Progo, Pendamping UMKM DI Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kreatif Memanfaatkan Blog untuk Pengembangan Diri dan Usaha

8 April 2021   10:04 Diperbarui: 8 April 2021   10:27 70 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kreatif Memanfaatkan Blog untuk Pengembangan Diri dan Usaha
Ilustrasi gambar bersumber dari https://www.freepik.com/

Era TIK saat ini memberikan banyak kesempatan untuk mendapatkan informasi. Dalam perspektif penyedia dan penikmat informasi, penulis membuat istilah tentang pembuat konten informasi dan konsumer informasi. Hal ini menjadi timbal balik bagi pembuat konten informasi dan tentunya membutuhkan pembaca agar informasi tersebut juga dinikmati oleh pihak lain.


Saat ini kemudahan untuk membuat konten informasi ini sangat dipermudah dengan hadirnya layanan blog yang mudah diguanakan. Banyak layanan yang bisa diakses untuk membuat blog misal dari Blogger, Wordpress ataupun media blog Kompasiana ini. Tiga layanan ini dapat digunakan untuk menyajikan informasi yang bermanfaat. Tentunya masih banyak layanan blog lain yang dapat digunakan. Di sini penulis hanya memberikan contoh layanan blog yang sering digunakan.


Kreatifitas saat ini menjadi penting untuk menyajikan informasi yang bermanfaat. Kreatifitas secara pengertian merupakan suatu daya cipta yang memproses mental untuk melibatkan pemunculan gagasan yang memiliki keaslian dan kepantasan. Dengan kreatifitas ini konten kreator informasi mempunyai tantangan untuk menyajikan suatu informasi dengan gagasan yang baru dan bermanfaat dengan harapan informasi tersebut dapat menjadi suatu pijakan, ataupun referensi bagi pihak lain.

Pengalaman Menggunakan di Blog


Penulis mengenal blog sejak menempuh Pendidikan tingkat sarjana di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan membuat tulisan-tulisan gagasan sederhana dan aktifitas harian di blog pribadi. Secara bertahap penulis belajar untuk menulis, bagi penulis hal tersebut menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan kreatfitas ide melalui tulisan di blog.


Di kesempatan lain, penulis mempunyai kesempatan dan tantangan untuk memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Kesempatan ini penulis buktikan melalui proses tugas akhir dengan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran untuk Siswa Menengah Atas (SMA) pada salah satu materi pelajaran Biologi. Berdasarkan hasil pengembangan blog tersebut, siswa merasa tertarik dan lebih senang belajar materi pelajaran yang disajikan di blog (membuat teks, gambar, dan video pembelajaran).


Dari pengalaman ini membuktikan bahwa blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk pengembangan diri. Melalui tugas akhir tersebut, penulis dapat mengembangkan gagasan berdasarkan permasalahan atau kondisi yang ada.


Penulis menyadari bahwa setiap diri mempunyai potensi untuk berkembang dan dapat mengembangkan ide gagasannya. Tulisan menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk bisa menuangkan ide tersebut. Sangat penting dari awal bagi pribadi untuk bisa mengetahui kemampuan dan selalu mengasahnya.

Blog untuk Pengembangan Diri


Di era saat ini dimana perubahan semakin cepat, informasi semakin banyak, perlu mempunyai kompetensi diri yang dapat digunakan untuk tetap adaptif terhadap jaman. Kompentensi diri ini menjadi bagian sesorang untuk selalu melakukan pengembangan diri. Potensi yang ada selalu dikembangkan dan dapat menemukan potensi-potensi lain secara bertahap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x