Mohon tunggu...
Gallery Parquet
Gallery Parquet Mohon Tunggu... Penulis - www.galleryparquet.com

Gallery Parquet merupakan media informasi seputar lantai kayu, temukan kami di www.galleryparquet.com

Selanjutnya

Tutup

Home

Tren Lantai Kayu Masjid, Makin Buat Ibadah Nyaman dan Khusyuk

6 Oktober 2022   16:29 Diperbarui: 6 Oktober 2022   19:14 109 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
hasil pengerjaan gallery parquet (Dokpri)

Biasanya, masjid-masjid di pusat kota banyak yang dibangun dengan megah, besar, dan memiliki ruang ibadah yang sangat luas. Luasnya area ibadah memang memberikan sirkulasi yang bagus, namun beribadah dengan nyaman lebih didambakan oleh setiap umat muslim tentunya.

Lantai masjid yang menggunakan keramik dinilai tidak terlalu nyaman karena permukaan yang keras, biasanya keramik pada masjid perlu di lapisi dengan karpet untuk membuat lebih nyaman.

Saat ini penggunakan lantai keramik sudah mulai digeser dengan adanya lantai kayu. Selain permukaan kayu yang lebih lembut, lantai kayu juga dapat menciptakan nuansa tenang dan lebih hangat daripada keramik.

Lantai kayu dapat menggunakan lembar kayu parket yang disusun secara rapi. Banyak kelebihan dari penggunaan kayu parket sebagai lantai mesjid dibanding dengan lantai keramik. Apa sajakah itu? Mari lanjut ke bawah ini.

Keunggulan Lantai Kayu Untuk Mesjid

dokumentasi tim gallery parquet di masjid al-fath bandung
dokumentasi tim gallery parquet di masjid al-fath bandung
Kelebihan pokok dari lantai kayu dibanding material lainnya adalah suhu yang lebih hangat seperti yang sudah disebutkan di atas. Hal ini memang benar karena lantai kayu tidak menyalurkan suhu dingin di bawah lantai kayu dan tetap terjaga suhu permukaannya sehingga tetap nyaman dipakai di setiap waktu.

Lantai kayu juga memberikan kesan natural, alami, dan khas. penggunaan lantai kayu dari lembar kayu parket yang memiliki serat akan lebih menonjolkan keistimewaan lantai dan meningkatkan estetika ruang ibadah mesjid.

Paduan kayu parket yang memiliki serat dan polos dapat digunakan untuk menunjukkan batasan wilayah atau area ibadah pria dan wanita sehingga memudahkan penduduk yang ingin beribadah di mesjid.

Kelemahan Lantai Kayu

Kayu memang nyaman untuk digunakan sebagai lantai dan pula indah jika dipandang oleh mata. Namun kayu juga memiliki kelemahan tersendiri.

Pemasangan kayu yang tidak benar akan memberikan efek lebih cepat rusaknya lantai kayu. Kayu memiliki musuh besar 2 hal, yaitu rayap dan air. kayu parket untuk indoor mesjid biasanya menggunakan jenis kayu yang tidak sekuat kayu parket untuk outdoor.

Kayu parket harus bebas dari genangan air atau tetesan air dari atap. Untuk itu pemeliharaan atap mesjid harus lebih ekstra agar tidak menimbulkan tetesan air saat hujan harus tetap dilakukan secara berkala.

Kayu parket harus diolah lebih lanjut dengan diberi cairan anti rayap terlebih dahulu sebelum pemasangan dilakukan.

Solusi Anti Rayap

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan