Mohon tunggu...
Ahmad Gali Prayoga Nasution
Ahmad Gali Prayoga Nasution Mohon Tunggu... FREEDOM

Berikan aku ruang hampa maka akan aku bangun kerajaan imajinasi

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Pariwisata Dibuka! Apakah Covid-19 Sudah Berakhir?

11 Agustus 2020   22:20 Diperbarui: 11 Agustus 2020   22:31 17 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pariwisata Dibuka! Apakah Covid-19 Sudah Berakhir?
Sumber: screenshot dari YouTube KOMPASTV

Sejak kedatangan wabah virus Covid-19 pada tanggal 31 Desember 2019 tepatnya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Dunia telah ditetapkan sebagai Pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020.

Sumber: screenshot dari YouTube KOMPASTV
Sumber: screenshot dari YouTube KOMPASTV

Virus Covid-19 datang dan menerjang dunia dengan tidak peduli pada apapun kelas sosial, budaya, dan politik masyarakat dunia. Wabah virus Covid-19 yang terjadi sampai saat ini, kita tidak tau apakah sudah ada penawarnya ataukah belum? Yang jelas Covid-19 menjelma menjadi musuh bersama yang harus ditanggulangi secara bersama-sama pula.

Masyarakat Indonesia harus bekerja sama melakukan penanganan dampak virus Covid-19 yang telah menyerang berbagai sektor, baik kesehatan maupun ekonomi dan sosial budaya. 

Sektor yang sangat berdampak terhadap masyarakat Indonesia akibat pandemi ini yaitu di sektor ekonomi. Perekonomian Indonesia sangat menurun drastis semenjak kedatangan virus Covid-19. 

Begitu Banyak masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaannya sehingga sangatlah memengaruhi ekonomi masyarakat yang terkena dampak wabah.

Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan sejumlah aturan untuk menghentikan angka penyebaran virus Covid-19. Dikarenakan, jumlah kasus virus Corona di Indonesia terus melonjak tajam hingga totalnya mencapai 1.687 kasus per Selasa, 11 Agustus 2020.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan beberapa protokol agar masyarakat Indonesia dapat mencegah penyebaran virus Covid-19. Protokol tersebut yaitu:

1. Protokol kesehatan
2. Protokol komunikasi
3. Protokol pengawasan perbatasan
4. Protokol area pendidikan
5. Protokol area publik dan transportasi

Presiden Joko Widodo juga telah mengakhiri masa PSBB dan mulai menerapkan kenormalan baru (new normal). Pada 21 Mei yang lalu pemerintah menyebutkan Indonesia sudah memasuki tahap kenormalan baru. Tetapi pemerintah menegaskan bahwa kenormalan baru tidak berarti melonggarkan PSBB.

Sumber: screenshot dari YouTube KOMPASTV
Sumber: screenshot dari YouTube KOMPASTV

Pada saat ini pemerintah Indonesia sedang berjuang untuk memperbaiki sektor ekonomi, karena sektor inilah yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. 

Di era new normal (normal baru) pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mempersiapkan pembukaan kembali pariwisata dengan program kebersihan, kesehatan dan keamanan.

Dengan program yang telah disusun oleh Kemenparekraf, agar sektor pariwisata Indonesia dapat membuat masyarakat aman dari wabah virus Covid-19. 

Sumber: screenshot dari YouTube KOMPASTV
Sumber: screenshot dari YouTube KOMPASTV

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN