Mohon tunggu...
Tika Gartikayati
Tika Gartikayati Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Wanita biasa yang tidak punya pengaruh apa apa dan tidak bisa dipengaruhi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Allah itu Kareem..apa ya maksudnya

28 Juli 2011   06:22 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:18 139356 3 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kareem..kata itu seringkali terucap tanpa kita tahu apa arti yang terkandung didalamnya. Kata Kareem ini berulang kali muncul dan selalu mengusik keinginan tahuku, tapi selalu saja lupa untuk untuk mencari tahu bila sudah datang pekerjaan lain. (manusia manusia...)

Kata Kareem terdengar kembali pada saat  sedang bercakap cakap dengan salah satu teman dari negeri Jazirah Arab melalui skype (ga mau kalah dunk dengan Nazarudin). Kala itu sang Professor yang sudah lama tak terlihat batang hidungnya menyapaku di situs itu dan mengemukakan alasan bahwa tidak pernah terlihat karena ibunya meninggal sehari sebelum Isra Mi'raj ( Innalilahi wa innailahi rojiun, turut berduka cita ya Proff)  Sebagai rasa empati saya hanya bisa berucap      " Sabar ya Proff, mudah mudahan tabah menjalaninya" eh dia jawab Allah is Kareem. Ooooops...!  Kareem, jujur saja saya tidak tahu apa artinya, dan jika menanyakan hal tersebut kepadanya akan tampak terlihat betapa Oon nya diriku. (jaim apa gengsi)

[caption id="attachment_122003" align="alignleft" width="300" caption="Gambar diambil dari Google"]

13118264581530222765
13118264581530222765
[/caption]

Bagi pecinta sinetron religi berjudul "Islam KTP"  yang setiap harinya tayang di Station SCTV tentunya  sudah tidak asing lagi dengan tokoh Bang Mahdid yang diperankan oleh  Ramdani Hasbulah atau yang lebih dikenal dengan nama KUBIL  Bang Mahdit di dalam cerita tersebut menggambarkan sosok pria yang selalu mencatat setiap amal kebaikan yang telah diperbuat. Memberi sedekah, membangun musala, bahkan menolong orang miskin pun dicatat dalam buku miliknya yang bernama buku catatan amal.  Diantara sekian kalimat yang sering diucapkan Oleh bang Mahdit contohnya (jangan ditiru ya) " Mahdit musyawaroh orang terlanjur kaya ahli surga ahli sodakoh,   Dasar orang Kismin, Merakbal ente, ente mao ngegamparin ane?? Ga bise ga bise ga bise, sampe kiamat pun, ente ga bise, bahlul ente dan kecebong anyut " ternyata terselip juga kata Kareem (coba perhatikan lagi ya)

Kareem ketiga terjadi tanpa disengaja membaca salah satu postingan dari kompasioner yang sedang bekerja di Timur Tengah (maaf aku lupa siapa namanya) Disalah satu postingannya terselip kata Kareem.(waduh...bikin puyeng neh)

Untuk menutupi rasa penasaran ini, saya obrak abrik kembali lemari buku untuk mencari kembali  99 Rahasia Manfaat ASNAUL HUSNA yang dulu pernah dibeli,  Ternyata  Allah itu menunjukkan sifat Al- Kareem nya kepadaku tanpa susah payah  buku tersebut mudah ditemukan dan berada tepat diatas kamus bahas Inggris yang sering aku buka.  Lembar demi lembar halaman dari buku itu aku buka, ternyata kata Al Kareem ada di nomor urut 42.  Dan rangkuman dari Al Kareem ada di alinea berikutnya. Mudah mudahan bermanfaat ya...

Al-Kareem adalah salah satu daripada Asma-ul-Husna. Nama ini memberi pengertian istimewa tentang Allah SWT. Al-Kareem bermaksud:
1:  Allah SWT Maha Pemurah.
2:  Allah SWT memberi tanpa diminta.
3:  Allah SWT memberi sebelum diminta.
4:  Allah SWT memberi apabila diminta.
5:  Allah SWT memberi bukan karena permintaan, tetapi cukup sekadar harapan, cita-cita dan angan-angan hamba-hamba-Nya. Dia tidak mengecewakan harapan mereka.
6:  Allah SWT memberi lebih baik daripada apa yang diminta dan diharapkan oleh para hamba-Nya.
7:  Allah Yang Maha Pemurah tidak pelit dalam pemberian-Nya. Tidak dikira berapa banyak diberi-Nya dan kepada siapa Dia memberi.

8:  Yang paling penting, demi kebaikan hamba-Nya sendiri, Allah SWT memberi dengan bijaksana, dengan cara yang paling baik, masa yang paling sesuai dan paling bermanafaat kepada hambanya  yang menerimanya.

Contohilah sikap Nabi Ibrahim a.s yang sentiasa bergantung kepada al-Kareem dan tidak kepada yang lain. Beliau  menolak pertolongan yang ditawarkan oleh malaikat Jibrail a.s.  Beliau juga yakin bahawa Allah al-Kareem tidak akan membiarkannya. Penyerahan Nabi Ibrahim a.s kepada al-Kareem tidak sia-sia.

Al-Kareem yang menyejukkan api yang membakar Nabi Ibrahim a.s.  Al Kareem jugalah yang membawa Balkis dan istananya kepada Nabi Sulaiman a.s.  Karunia Al-Kareem tidak dapat diukur karena Allah SWT banyak memberi kepada mahkuk-Nya , dengan tidak diminta dan tidak meminta ganti. Dan Allah memiliki nama indah Al Kareem, Maha Pemurah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan