Mohon tunggu...
Galih Wicaksono
Galih Wicaksono Mohon Tunggu... Dosen - Dosen dan Auditor - UNEJ

Dosen, Auditor Internal, Peneliti Perpajakan dan Akuntansi Pemerintahan

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Diskusi Riset Peran Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah

1 Desember 2022   09:40 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:06 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jember, Jawa Timur. Pada tanggal 29 November 2022, Program Studi DIII Perpajakan Universitas Jember menyelenggarakan Diskusi mengenai Peran Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah. Diskusi ini dilaksanakan dalam rangka pembelajaran matakuliah Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) yang diampu oleh Bapak Galih Wicaksono, S.E.,M.Si.,Akt.,CA.,CPA.,BKP, Ibu Yeni Puspita, S.E.,M.E.,CRP.,QWP., Bapak Drs. Boedijono, M.Si.,CRP.,QWP., serta Bapak Drs. Anwar, M.Si. Acara tersebut dikuti oleh 90 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Narasumber pada acara tersebut yaitu 4 orang mahasiswa DIII Perpajakan UNEJ yang pada saat ini menempu perkuliahan di semester V yang telah berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya pada Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta dan Jurnal Nasional, yaitu Muhammad Nasrulloh Huda, Ayu Permatasari, Alvia Nur Utami, dan Abid Imanul Akmal. Keempat narasumber tersebut juga terlibat sebagai Anggota Tax Center Universitas Jember dan Relawan Pajak yang bertugas di Kabupaten Jember.

https://taxcenterfisip.unej.ac.id/author/taxcenter/

Pada pembukaan acara perkuliahan dan diskusi riset, Galih Wicaksono selaku dosen pengampu, menyebutkan bahwa mahasiswa hendaknya tidak hanya kuliah teori saja tentang Pajak Daerah, namun juga mampu mengetahui bagaimana peran Pajak Daerah terhadap kemajuan daerah, yang dalam hal ini dikaitkan dengan Pendapatan Asli Daerah dan Pendapatan Daerah. Sehingga pada sesi perkuliahan ini perlu diundang beberapa mahasiswa senior yang telah berhasil publikasi karya ilmiahnya pada Jurnal Nasional dan Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta.

Pada kesempatan pertama, sebagai Narasumber pertama adalah Muhammad Nasrulloh Huda, yang mempresentasikan hasil risetnya bersama Galih Wicaksono mengenai efektifitas dan peran Pajak Restoran di Kabupaten Badung, yang menemukan bahwa pajak restoran efektifitasnya berada dalam kriteria yang fluktuatif dalam 5 tahun terakhir, serta perannya terhadap Pendapatan Asli Daerah masih kurang maksimal. Hasil lengkap penelitian Muhammad Nasrulloh Huda dan Galih Wicaksono dapat dilihat pada:

https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/jrak/article/view/3245

Dokpri
Dokpri

Narasumber kedua, Ayu Permatasari, telah mempresentasikan hasil risetnya bersama Galih Wicaksono di Kabupaten Ponorogo, menemukan bahwa penerimaan PBB-P2 sudah sangat efektif, namun perannya juga dirasa masih kurang terhadap Pendapatan Asli Daerah. Hasil lengkap riset Ayu Permatasari  dan Galih Wicaksono dapat diunduh pada:

https://revenue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/77

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun