Mohon tunggu...
Galih Wicaksono
Galih Wicaksono Mohon Tunggu... Dosen - Dosen dan Auditor - UNEJ

Dosen, Auditor Internal, Peneliti Perpajakan dan Akuntansi Pemerintahan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PKM Pendampingan Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan pada Usaha Sablon di Kebonsari Jember

23 Januari 2022   19:25 Diperbarui: 23 Januari 2022   19:32 104 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jember, Jawa Timur. Tim Dosen Universitas Jember yang berasal dari 2 Fakultas yang berbeda yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yaitu Galih Wicaksono, S.E.,M.Si.,Akt., (Ketua Tim) dan Tree Setiawan Pamungkas, S.AP.,MPA. (Anggota Tim), serta dari Fakultas Teknik yaitu Dr. Ir. Krisnamurti, M.T. Ketiga dosen tersebut melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skim Program Pengabdian Kemitraan (PPK) pada usaha sablon yang ada di Kebonsari Jember, pada hari Kamis 11 November 2021 dan Jumat 12 November 2021. Menurut Galih Wicaksono, selaku Ketua Tim, "usaha tersebut mengalami masalah pada keberlanjutan usahanya, sehingga perlu adanya pendampingan khususnya terkait pengelolaan pemasaran dan keuangan, sehingga agar mampu bertahan di tengah pandemi seperti saat ini" tandasnya. 

Pada kegiatan tersebut dilakukan pembekalan mengenai strategi pemasaran, baik secara langsung maupun media sosial. Menurut Tree Setiawan Pamungkas, "hal ini dikarenakan aspek pemasaran merupakan hal penting dalam suatu usaha, sehingga perlu dikelola dengan serius. Lha mau bertahan bagaimana kalo mitra tidak dapat menjual produknya?" tutur Tree Setiawan dengan serius, yang pada kegiatan ini mendapat tugas sebagai koordinator pendampingan pemasaran. 

Lebih lanjut, kegiatan ini dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pengelolaan keuangan usaha di masa Pandemi Covid-19. Krisnamurti yang pada kegiatan ini bertugas sebagai koordinator pendampingan keuangan, menyatakan bahwa "keuangan merupakan urat nadinya perusahaan, tanpa adanya uang masuk dan uang keluar yang tertata dengan rapi, pasti keuangan usaha akan kacau dan perusahaan dapat terganggu kelangsungan usahanya, apalagi kalo terlilit hutang dan tidak mampu membayar" ujar Krisnamurti dengan mantap.

Pada sesi akhir pelatihan, dilakukan sharing pengetahuan mengenai perpajakan dalam usaha yang dilakukan oleh Galih Wicaksono, selaku ketua tim kegiatan dan koordinator perpajakan. Menurut Galih Wicaksono " bahwa pengusaha perlu pembekalan mengenai pajak, karena dalam prakteknya pasti akan ketemu tuh dengan pajak, baik pajak pusat yang kewenangannya pada Kantor Pelayanan Pajak maupun pajak daerah yang biasanya dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah".

evaluasi-kegiatan-61ed44c4870000250f10a134.jpeg
evaluasi-kegiatan-61ed44c4870000250f10a134.jpeg
Setelah kegiatan pelatihan selesai, kemudian dilakukan evaluasi kegiatan dengan cara mengukur pengetahuan dan keterampilan mitra dalam bentuk mengisi kuesioner. Kuesioner tersebut diisi oleh mitra pada saat sebelum dan sesudah kegiatan dilakukan, yang hasil akhirnya adalah bahwa pengetahuan dan keterampilan mitra meningkat secara signifikan. 

Pada akhir sesi, Galih Wicaksono selaku Ketua Tim mengungkapkan bahwa "Ke depan, kami akan tetap memantau usaha mitra, sehingga keberadaan kami selaku tim PKM tidak hanya hadir saat kegiatan saja, namun juga dapat mendampingi". Krisnamurti menambahkan, "bahwa kegiatan PKM ini adalah tugas dosen sebagai pengejawantahan Tridharma Perguruan Tinggi" tuturnya. Kemudian Tree Setiawan Pamungkas juga menambahkan "bahwa acara ini merupakan kegiatan rutin, serta didukung oleh pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember". 

foto-tim-bersama-mitra-61ed44d3870000329d43bac2.jpeg
foto-tim-bersama-mitra-61ed44d3870000329d43bac2.jpeg
Sebagai penutup, berikut video kegiatan PKM ini yang dapat dilihat pada link youtube sebagai berikut :

 https://www.youtube.com/watch?v=v0meDPeZAN8&t=150s

 (GW)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan