Mohon tunggu...
Galih purnomo
Galih purnomo Mohon Tunggu... bismillah

bukan penulis

Selanjutnya

Tutup

Humor

Sudah Wisudahi Saja

29 Juni 2020   16:00 Diperbarui: 29 Juni 2020   16:05 18 0 0 Mohon Tunggu...

Di masa pandemi sekarang ini pemerintah indonesia memberlakukan adanya sistem untuk belajar dirumah agar mengurangi penyebaran Covid-19. Untuk mahasiswa lulusan tahun ajar 2020 harap-harap cemas ingin meyudahai rangkaian keambyaran belajar di rumah. Seperti tahun-tahun sebelumya tiap tahun selalu diadakan adanya sebuah ceremony kelulusan. Wisuda 2020 tahun ini sudah diprediksi akan terkena imbas juga.

Seperti yang terjadi akhir-akhir ini dunia maya dihebohkan dengan hastag #wisudaLDR2020. Usut punya usut hastag tersebut adalah sebuah ungkapan positif dengan tujuan untuk memberikan motivasi bagi para mahasiswa yang tidak bisa melakukan wisuda tatap muka.

Para tokoh dan publik figure juga meramaikan tagar tersebut, misal saja seperti Najwa Shihab yang meberikan postingan saat wisudanya serta caption "saya posting foto wisuda lawas ini bukan untuk bikin adek2 angkatan 2020 sedih karena gak bisa wisuda secara fisik, justru sebaliknya. 

Ini ajakan untuk kakak-kakak lulusan sebelum 2020 yang pernah merasakan wisuda fisik utk kasih pesan semangat utk adek-adek lulusan 2020 sambil nostalgia. 

ita semua sama-sama belajar dan berjuang bertahun-tahun. Sama-sama merasakan gimana begadang nyusun skripsi atau tugas akhir. Revisi, revisi, dan revisi. Apalagi untuk adik-adik lulusan 2020, yang spesial karena berhasil lulus di tengah pandemi."

Banyak kontra atas cuitan Najwa Shihab tersebut, tentu saja adalah para mahasiswa yang telah berkeluh-riang selama bertahun-tahun dikampusnya. Mereka menganggap hal seperti ini tidak membuat mereka termotivasi justru semakin ambyar dan nyesek "hmm. Usaha yang baik namun tidak menghibur." Juga ditambah lagi komentar mahasiswa lain "Tambah sedih mba nana gabisa wisuda langsung."

Dari pro dan kontra terhadap Wisuda LDR memang tidak banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencari jalan tengahnya dikegetiran pandemi yang sedang terjadi. Meski hanya sebuah ajang ceremony pengakuan diri untuk mendapatkan gelar, tapi  moment tersebutlah sangat dinantikan oleh setiap mahasiswa. 

Ada baiknya niat hastag #wisudaLDR2020 adalah untuk memotivasi kalangan akademisi memang pada faktanya masih saja banyak orang yang menganggap hal itu sebuah bentuk pamer dan hanya membuat iri mahasiswa kelulusan 2020. Pasti hal ini menjadi sebuah pembelajaran untuk tetap ikhlas menerima dan wisudahi saja.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x