Mohon tunggu...
Galih Febrianto
Galih Febrianto Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa di Universitas Gundarma

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembelajaran Bahasa Jarak Jauh dengan Memanfaatkan Teknologi

3 Desember 2020   15:19 Diperbarui: 9 Januari 2021   20:42 26 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 sedang menyerang dunia saat ini. Jelas saja hal ini mempengaruhi semua aspek kehidupan, salah satunya dalam hal pembelajaran. Peran Teknologi sebagai media pembelajaran sangat berpengaruh pada masa - masa sekarang ini, baik siswa dan tenaga pengajar dituntut untuk bisa menggunakan Teknologi dalam pembelajaran.

Pembelajaran daring atau lebih dikenal dengan istilah e-learning(belajar secara online) menjadi satu - satunya cara alternatif untuk saat ini. Memang tidak mudah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Adanya faktor keterbatasan teknologi, kemampuan mengoperasikan media teknologi menjadi beberapa hal yang menghambat metode pembelajaran jarak jauh. Namun, di lain sisi faktor - faktor penghambat tersebut menjadikan kita keluar dari zona nyaman. Meningkatnya permintaan untuk belajar secara daring mendorong pertumbuhan yang sangat pesat dari platform edukasi digital atau EdTech. Platform edukasi digital untuk belajar bahasa misalnya, saat ini platform belajar bahasa sedang naik - naiknya di masa pandemi seperti ini.

Selain melalui platform edukasi digital, belajar bahasa juga bisa dilakukan dengan menonton serial atau televisi. Penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi untuk belajar bahasa dengan menonton serial atau program televisi dibandingkan dengan menggunakan platform edukasi digital atau media pembelajaran lama. Dalam dunia olahraga profesional, seperti pemain sepakbola, pemain basket, pemain bisbol dan para managernya juga berpendapat bahwa serial atau program televisi adalah sumber utama untuk perkembangan bahasa mereka.

Penelitian lain juga menjelaskan, bahwa siswa yang sering menonton serial atau program televisi berbahasa asing cenderung lebih baik dalam membaca, mendengarkan dan memahami kosa kata bahasa asing tersebut. Serial atau program televisi terbukti bermanfaat bagi para siswa atau siapapun yang sedang meningkatkan keterampilan bahasa asing mereka.

Tentu saja dalam masa seperti ini belajar bahasa menggunakan media televisi menjadi salah satu alasan yang bagus untuk menjadi lebih produktif selama pandemi ini berlangsung.

Nadia Fairuza Azzahra 2020. Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia di Masa Covid 19. [Online]

https://www.cips-indonesia.org/post/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauhdi-indonesia-di-masa-covid-19

Diakses 3 Desember 2020

.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x