Mohon tunggu...
Galih Akbar Moerbayaksa
Galih Akbar Moerbayaksa Mohon Tunggu... Just sharing information

Sharing information

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 di Dusun Haurseah, Pangandaran

20 Agustus 2020   17:29 Diperbarui: 20 Agustus 2020   17:23 17 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 di Dusun Haurseah, Pangandaran
Dok. pribadi

Menurut publikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan infeksi saluran pernafasan seperti flu biasa hingga Sindrom Pernafasan Akut Berat.

Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan, China, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) yang menyebabkan penyakit dengan nama Coronavirus Disease-2019 atau disingkat COVID-19. Merespon kejadian luar biasa tersebut, LPPM UP KKN-UNS dengan sigap membuka dan melaksanakan kegiatan KKN di Era Covid 19 yang dilaksanakan secara mandiri dan daring di lokasi domisili masing-masing mahasiswa.

Penulis merupakan salah satu mahssiswa yang melaksanakan KKN di Era Covid-19, identitas penulis yaitu Galih Akbar Moerbayaksa dengan NIM M0517018 dari Program Studi S1 Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS. Penulis lakukan kegiatan KKN selama 45 hari dimulai dari tanggal 2 Juni 2020 – 17 Juli 2020.

Lokasi kegiatan KKN yaitu di RT 10 RW 01 Dusun Haurseah, Desa Cijulang, Kabupaten Pangandaran dan juga di Command Center Kabupaten Pangandaran dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Bapak Yayan Suherlan, S.Sn., M.Sn.. Selama 45 hari tersebut, program kerja yang telah dilaksanakan yaitu mengembangkan aplikasi Covid 19 untuk Kabupaten Pangandaran, menjadi tenaga teknis di Command Center Kabupaten Pangandaran, membagikan masker dan sosialisasi tentang pentingnya penggunaan masker di lingkungan RT 10 RW 01, pembuatan dan penempelan poster dengan materi seputar Covid 19 dan juga membagikan informasi seputar Covid 19 di sosial media Instagram.

Aplikasi Covid 19 yang dikembangkan dalam program KKN ini merupakan aplikasi yang menampilkan informasi kasus Covid 19 di pangandaran, baik itu secara keseluruhan ataupun berdasarkan statistik per kecamatan, Terdapat juga beberapa fitur yang berhasil dibangun, antara lain:

  • Media slider
  • Informasi kasus covid 19
  • Daftar pelayanan covid 19
  • Berita tentang covid 19 di Kabupaten Pangandaran
  • Inforgrafis tentang covid 19 di Kabupaten Pangandaran
  • Pendeteksi kasus aktif pada jarak 10 KM dari lokasi pengakses aplikasi
  • Informasi kasus covid 19 per kecamatan di Kabupaten Pangandaran
  • Peta sebaran kasus covid 19
  • Filter kasus sebaran kasus covid 19 pada peta

Dengan adanya aplikasi ini penulis mengharapkan bahwa masyarakat Kabupaten Pangandaran dapat dengan mudah mendapatkan informasi perkembangan penangananan Covid 19 di daerahnya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Pada gambar di atas merupakan momen yang didapatkan kegika melaksanakan program kerja pembagian masker dan penempelan poster di lingkungan RT 10 yang didampingi oleh Ketua RT setempat. Pada warga sangat antusias mengikuti program KKN yang sedang dilaksanakan di RT 10 tersebut.

Poster ditempel di tempat-tempat yang strategis seperti di warung, pos ronda, warung internet dan tempat-tempat lainnya yang sering dikunjungi oleh warga, hal ini supaya informasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik. Dengan memiliki pengetahuan tentang pandemi yang sedang terjadi dan kebiasaan hidup sehat (salah satunya adalah menggunakan masker ketika keluar rumah) kita telah turut serta membantu mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekitar kita.

VIDEO PILIHAN