Mohon tunggu...
Galih M. Rosyadi (Galih R)
Galih M. Rosyadi (Galih R) Mohon Tunggu... Pembaca, Penyair, dan Pegiat Kesenian.

Jawa Sunda Indonesia ig: @galih_m_rosyadi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Vaksin Covid-19, WHO: Kami Khawatir

8 Februari 2021   22:16 Diperbarui: 8 Februari 2021   22:25 67 0 0 Mohon Tunggu...


Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bagian Eropa mengatakan,  pihaknya merasa "prihatin" atas apakah vaksin COVID-19 akan terbukti efektif melawan varian virus baru.

"Virus ini masih menguasai manusia." kata Direktur WHO Eropa Hans Kluge kepada kantor berita AFP, Jumat, 5 Februari 2021.

Ketika ia ditanya, apakah vaksin yang tersedia sejak Desember akan efektif melawan varian virus baru, dia menjawab: “Itu pertanyaan besarnya. Saya khawatir. "

“Kami harus bersiap untuk varian virus korona baru yang bermasalah," katanya, saat dia meminta negara-negara untuk memperluas kapasitas pengurutan genom mereka, sebuah proses yang memetakan kode genetik virus.

Komentar Kluge muncul setelah Inggris, pemimpin global di bidang pengurutan genom, mengatakan pada Kamis, 4 Februari 2021, bahwa dunia sekarang menghadapi sekitar 4.000 varian virus yang menyebabkan COVID-19.

"Varian menyebabkan kekhawatiran vaksin," ungkapnya.

"Ribuan strain telah didokumentasikan saat virus bermutasi, tetapi hanya sebagian kecil yang cenderung mengubah virus dengan cara yang berarti." Sebagaimana dikutip dari British Medical Journal.

Varian yang disebut Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil, misalnya, menyebar lebih cepat daripada yang lain.

Nadhim Zahawi, menteri Inggris yang bertanggung jawab atas penyebaran vaksin, mengatakan kemungkinan besar vaksin saat ini tidak akan bekerja melawan varian baru.

“Semua produsen, Pfizer-BioNTech, Moderna, Oxford-AstraZeneca, dan lainnya, sedang mencari cara untuk meningkatkan vaksin mereka untuk memastikan bahwa kami siap untuk varian apa pun - saat ini ada sekitar 4.000 varian COVID di seluruh dunia." Katanya.

Varian yang disebut Inggris, yang dikenal sebagai VUI-202012/01, memiliki mutasi termasuk perubahan protein lonjakan yang digunakan virus untuk mengikat reseptor ACE2 pada manusia - artinya mungkin lebih mudah untuk ditangkap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x