Galang Ksatria
Galang Ksatria

Penulis pernah berkuliah di Hubungan Internasional Universitas Airlangga.

Selanjutnya

Tutup

Muda

PT Unair Kirim 53 Delegasi dalam Jambore ASEAN, Jokowi: Kita Harus Bersaing

12 November 2017   17:44 Diperbarui: 12 November 2017   17:57 251 0 0
PT Unair Kirim 53 Delegasi dalam Jambore ASEAN, Jokowi: Kita Harus Bersaing
Foto Beberapa Delegasi HIPMI PT Unair saat Acara

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia  Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Universitas Airlangga pada tahun lalu (23/05/2016) berhasil mencetak prestasi. Belum genap satu bulan dilantik, HIPMI PT Unair memberangkatkan 53 peserta untuk Jambore HIPMI se ASEAN di Bandung. Praktis, jumlah tersebut paling banyak se HIPMI  Jatim.

Acara yang dilaksanakan di Unversitas Telkom itu berlangsung dari 23-26 Mei 2017. Beberapa Pejabat Negara hadir, seperti Presiden Joko Widodo, Menko Maritim Rizal Ramli, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Ketua DPR Ade Kommarudin, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan masih banyak lainnya. Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa hal. Saat itu, Presiden Jokowi mengaku bisa merasakan semangatnya seorang  pengusaha muda, yaitu semangatnya kenceng banget tapi kadang-kadang remnya blong.

"Ini perlu diingat, anak-anak muda yang ingin jadi pengusaha. Semangatnya pasti seperti tadi, semangatnya semangat banget, dan itu pernah saya alami. Saya pernah kehilangan rem 3 kali, rem blongnya 3x tapi bisa bangkit, bisa bangkit lagi," tutur Presiden Jokowi dihadapan 4.000 peserta.

Presiden menuturkan, kalau ingin jadi pengusaha  itu jangan mikir dulu. Tapi terjuni dulu, baru Kalau ada persoalan di lapangan, selesaikan. Kalau tidak menyelesaikan, lanjut Presiden, ya pasti jatuh.  "Kalau  sudah jatuh ya bangkit lagi, harus seperti itu," ujarnya.

Dibanding dengan di negara lain, menurut Presiden, anak-anak muda Indonesia yang jadi pengusaha baru 1,6%. Padahal di negara lain  di lingkup ASEAN sudah lebih dari 4%. Minimnya angka ini, ketakutan kita bersaing, ketakutan kita berkompetisi.