Mohon tunggu...
Galan
Galan Mohon Tunggu... Lainnya - sultan galan

Nama saya Sultan Galan Budi Utama, umur saya 21 tahun. saya tinggal di karanganyar jawa tengah

Selanjutnya

Tutup

Healthy

KKN UNISRI: Menanam Sayur dengan Metode Hidroponik

13 Agustus 2020   01:15 Diperbarui: 13 Agustus 2020   01:46 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota SOLO (13/8). Pandemi COVID-19 menyebabkan kegiatan KKN tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya. KKN UNISRI yang biasanya dilaksanakan secara kelompok dengan lokasi yang ditentukan oleh kampus (LPPM), kali ini dilaksanakan secara mandiri dengan lokasi sesuai domisili mahasiswa. Hal ini dilakukan karena adanya pembatasan kegiatan sesuai protokoler dimasa Pandemi COVID-19. 

Tahun ini, Kota Solo menjadi salah satu lokasi tujuan pelaksanaan KKN UNISRI. Saat ini,Kota Solo masih dikategorikan dalam wilayah zona merah atau risiko tinggi Covid-19. 

Sedangkan enam kabupaten lain di Soloraya termasuk dalam zona kuning dan zona oranye kasus COVID-19. Berdasarkan data resmi milik Pemkot Solo per 31 Juli 2020, jumlah positif Covid-19 mencapai 265 orang, yang sebagian sebesar sudah dalam kondisi sembuh. Meskipun dilaksanakan secara individu namun tidak mengurangi semangat para mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN. 

Saya Sultan Galan (21) sebagai mahasiswa Program Studi Agroteknologi dari Fakultas Pertanian  UNISRI melaksanakan kegiatan KKN "BALI NDESO" dari Kelompok 21 yang dijalankan selama 40 hari mulai dari tanggal 23 Juli hingga 31 Agustus 2020 berlokasi di Dukuh Jangganan RT01/RW13 Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar. KKN ini dilaksanakan dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) , Ir.Y.Sartono Joko Santoso.,MP 

Saya disini membuat program kerja tentang ketahanan pangangan dengan pembuatan sistim hidroponik di teras rumah. Hal ini saya lakukan agar masyarakat di sekitar lingkungan paham betul bahwa menanam itu tidak harus di tanah, dan pertani itu tidak harus di kebun atau sawah. Nyatanya kita bisa bertani di lahan yang minim dan di tempat yang seadanya.

Dok. KKN
Dok. KKN
Selain itu, saya juga mengedukasi adik-adik di dekat lingkungan rumah saya agar mereka paham akan sistem pertanian yang mungkin bergguna bagi mereka kelak. Saat saya mengajak mereka untuk mulai menyemai mereka sangat antusias dalam penyemaian sayur kangkung. Di sisi lain saya juga mencoba mengajak para pemuda di Dukuh Jangganan RT01/RW13 untuk belajar bersama dalam bertani dalam menggunakan metode hidroponik ini.

Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat di Dukuh Jangganan RT01/RW13 agar bersama kita menanam sayur-sayuran dengan metode hidroponik di lingkungan rumah atau tempat tinggal kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun